7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan

Rabu, 26 Juni 2019 - 06:27 WIB
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung bekerja keras memperbaiki dan mewujudkan janji kampanye untuk kesejahteraan warga Jakarta. Usai dilantik pada 16 Oktober 2017 lalu, Anies langsung bekerja hingga bisa menutup surga dunia Alexis dan menyetop proyek reklamasi.

1. Menutup 'Surga Dunia' Alexis
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan


Salah satu aksi berani Anies dalam mewujudkan janji kampanyenya adalah menutup 'surga dunia' Alexis. Bahkan saat Basuki T Purnama (Ahok) menjabat gubernur, Ahok tak berkutik dengan adanya prostitusi kelas atas tersebut.

Langkah Anies berusaha menutup Alexis dilakukan tak lama setelah dirinya dilantik pada Oktober 2017. Awalnya, Anies tak memperpanjang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dan Griya Pijat Alexis.

Puncaknya pada Maret 2018, Anies mengerahkan 30 personel Satpol PP perempuan untuk menutup operasional Alexis. Setelah itu, satu persatu plang nama Alexis dicopot dan berakhirlah keberadaan 'surga dunia' Alexis.

2. Menghentikan Proyek Reklamasi Teluk Jakarta
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan


Salah satu kebijakan Anies yang paling banyak menarik perhatian publik adalah menghentikan proyek reklamasi di teluk Jakarta. Langkah ini terbilang nekat karena sebelumnya banyak yang meragukan keberanian Anies melawan cukong yang membiayai proyek tersebut.

Pemprov DKI Jakarta memulai penghentikan proyek reklamasi ini dengan menyegel 932 bangunan di Pulau D pada Kamis, 7 Juni 2018. Mempertegas kebijakan ini, Anies Baswedan pada 26 September 2018 selanjutnya mengumumkan pencabutan izin pembangunan 13 reklamasi.

Pencabutan izin pulau reklamasi ini dilakukan setelah Badan Pengelolaan Reklamasi melakukan kajian komprehensif. Mengacu pada 23 janji Anies saat kampanye, penghentian reklamasi ini adalah point keenam, yang berbunyi “Menghentikan reklamasi Teluk Jakarta untuk kepentingan pemeliharaan lingkungan hidup serta perlindungan terhadap nelayan, masyarakat pesisir dan segenap warga Jakarta”.

3. Mewujudkan Kepemilikan Rumah dengan DP Nol Rupiah
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan


Program Anies lainnya yang banyak menyita perhatian publik adalah program Rumah DP nol Rupiah. Meskipun mendapat kritik dam sorotan miring soal program tersebut, namun kenyataannya Rumah DP nol rupiah terwujud.

Anies melakukan groundbreaking pembangunan Rumah DP nol rupiah di Kelapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur pada Jumat 12 Oktober 2018 lalu.

Diketahui rumah DP nol Rupiah di Klapa Village memiliki dua tipe bangunan, yakni tipe 21 dengan kisaran harga Rp184,8-213,4 juta dan tipe 36 berkisar Rp304,9-316,8 juta. Untuk tipe 21 akan dibangun 420 unit, sedangkan tipe 36 totalnya 360 unit.

4. Membuka Lapangan Kerja dengan Program OK OCE
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan


One Kecamatan One Center of Entrepreneurship atau OK OCE merupakan salah satu program unggulan Anies bersama wakilnya saat itu Sandiaga Uno. Berdasarkan data yang dipublish website resmi OK OCE, per Oktober 2018 ini sudah 54.564 orang yang mendaftar menjadi peserta OK OCE.Kendati demikian, program unggulan Anies ini dinilai belum optimal. Sebab dari target 40 ribu pengusaha baru dalam setahun, kenyataannya baru 3.073 pengusaha yang mengantongi Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Pintu Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) DKI.

5. Meluncurkan Jaklingko sebuah Sistem Transportasi Umum Terintegrasi
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan


Program ini awalnya diterjemahkan dalam program bernama OK Otrip. Mendekati 100 hari kerja, Anies bersama wakilnya saat itu, Sandiaga Uno, merealisasikan salah satu janjinya, yakni meluncurkan program OK-Otrip di Balai Kota, tepatnya 14 Desember 2017. Namun, program ini dinilai masih kurang optimal.

Untuk menambah daya gedor program ini, Anies pada Senin 8 Oktober 2018 lalu meluncurkan program bernama Jak Lingko. Program ini merupakan perbaikan dan pengembangan dari program OK Otrip.

Dengan program ini seluruh operator angkutan kecil menjadi sebuah jaringan dengan Transjakarta. Kini, masih butuh pembuktian komitmen dari Pemprov DKI dan seluruh moda transportasi yang terlibat.

Hingga saat ini selain bus Transjakarta ada Moda Raya Terpadu (MRT) yang telah bergabung dan Lintas Raya Terpadu (LRT) yang sebentar lagi akan beroperasi.

6. Penataan PKL Tanah Abang
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan


Penataan PKL Tanah Abang sebenarnya bukan bagian dari janji kampanye Anies. Namun setelah dilantik, Anies melakukan penataan PKL di kawasan Tanah Abang mengingat kawasan ini banyak mendapat perhatian publik. Hal ini dimulai dengan penyediaan ratusan tenda bagi para PKL di Jalan Jatibaru.

Namun kebijakan Anies ini mendapat kritikan karena menutup jalan. Bahkan akibat kebijakan ini Anies dilaporkan ke polisi.

Sebagai solusi, Pempov DKI kemudian membangun Jembatan Penyeberangan Multifungsi (JPM) atau skybridge Tanah Abang. Skybridge dibangun sepanjang 386,4 meter dengan lebar 12,6 meter. Skybridge mampu menampung hingga 446 pedagang. Tempat ini diprioritaskan bagi PKL Jalan Jatibaru.

7. Memperluas Manfaat Kartu Jakarta Pintar Dalam Bentuk KJP Plus
7 Janji Kampanye Anies yang Berhasil Diwujudkan


Janji kampanye yang berhasil diwujudkan oleb Anies yakni merevisi dan memperluas manfaat Kartu Jakarta Pintar (KJP) dalam bentuk KJP Plus. Dengan KJP Plus ini, siswa yang mendapatkannya bisa melakukan tarik tunai. Dana yang bisa ditunaikan dapat digunakan untuk biaya transportasi dan biaya buku.

KJP Plus didistribusikan melalui Bank DKI. Aturan mengenai KJP diatur dalam Pergub Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Kartu Jakarta Pintar Plus. Sementara besaran KJP Plus diatur dalam Kepgub Nomor 825 Tentang Besaran KJP Plus.

KJP Plus diberikan dua kali, pada awal perencanaan APBD 2018. Pada semester pertama, terdapat KJP Plus diperuntukkan bagi 680.046 penerima lama dan 124.969 penerima baru.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5993 seconds (0.1#10.140)