Berkedok Peternakan Ayam, Pabrik Ciu di Tangerang Digerebek

Kamis, 20 Juni 2019 - 22:43 WIB
Berkedok Peternakan Ayam, Pabrik Ciu di Tangerang Digerebek
Berkedok Peternakan Ayam, Pabrik Ciu di Tangerang Digerebek
A A A
TANGERANG - Pabrik minuman keras jenis ciu, di Kampung Jengkol, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, digerebek. Sedikitnya, 50 tong bahan baku ciu, dan dua derigen ciu siap edar berhasil diamankan.

Agar tidak terendus aparat dan masyarakat sekitar, puluhan tong bahan baku ciu dan ciu siap edar itu, disembunyikan di dalam kandang ayam yang ada di belakang rumah.

Kapolsek Cisoka AKP Uka Subakti yang memimpin penggerebekan itu mengatakan, penggerebekan pabrik berawal dari informasi yang didapat warga sekitar yang resah dengan keberadaan pabrik tersebut.

"Ini pabrik ilegal yang dalam peredarannya tidak mempunyai izin edar dari BPOM," ungkap Uka, kepada wartawan, di lokasi pabrik, Kampung Jengkol, Kamis (20/6/2019).

Dilanjutkan Uka, kandang ayam yang ada di belakang rumah itu telah dimodifikasi menjadi laboratorium tempat pengolahan dan penyimpanan ciu. Sehingga, tidak kentara oleh masyarakat lingkungan sekitar.

"Jadi, di kandang ayam itu, masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Ada yang digunakan untuk menyimpan barang, ada yang jadi tempat produksi, dan menyimpan ciu yang sudah diproduksi," sambungnya.

Namun, sepintar apapun pemilik pabrik ciu, warga sekitar tetap mengetahui aktivitas yang meresahkan itu, dan cepat melaporkan temuan itu ke Kepala Desa Cikasungka, dan langsung diteruskan ke pihak kepolisian.

"Dari penggerebekan itu, pertugaa menyita sejumlah barang bukti seperti 50 tong bahan baku campuran fermentasi, dua jerigen ciu siap edar, enam wadah besar, dan kecil untuk memproduksi ciu," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7456 seconds (0.1#10.140)