Soal Kondusifitas Jakarta, Semua Pihak Diminta Tak Saling Menyalahkan

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:14 WIB
Soal Kondusifitas Jakarta, Semua Pihak Diminta Tak Saling Menyalahkan
Soal Kondusifitas Jakarta, Semua Pihak Diminta Tak Saling Menyalahkan
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Al- Azhar Ujang Komarudin menilai sangat tidak tepat jika menyalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas tidak kondusifnya ibu kota saat ini.

"Tidak bisa disalahkan kepada seorang Gubernur. Gubernur tak punya kewenangan untuk menahan orang-orang berdemonstrasi. Kepolisian juga bukan berada di bawah Gubernur," kata Ujang pada Rabu, (22/5/2019).

Selain itu, lanjut Ujang, Anies juga merupakan Gubernur yang sigap dalam mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah petugas-petugasnya dari berbagai kemungkinan. "Jadi tudingan tidak berdasar itu tidak memiliki nilai yang disematkan kepada Gubernur Anies," jelas Ujang.

Ujang juga meminta, agar semua pihak dapat menahan diri untuk tidak saling menyalahkan. "Karena kita juga harus jaga negara ini agar aman dan damai," papar Ujang.

Diketahui, sejumlah pihak menyalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas kericuhan yang terjadi usai aksi di sekitar Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Tanah Abang, Jakarta, dini hari tadi.

Padahal, Anies sendiri pagi tadi langsung meninjau kondisi terkini dikawasan MH. Thamrin, Jakarta Pusat yang memang menjadi lokasi demonstrasi sejak Selasa (21/5/2019) malam.

Anies pun melakukan peninjauan fasilitas kesehatan mobil Ambulans Gawat Darurat (AGD) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta yang bersiap siaga serta memastikan kondisi keamanan dan kebersihan di ruas jalan tersebut.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)