14 Serikat Pekerja Lapor Polisi Peringati May Day di Jakarta

Senin, 29 April 2019 - 20:30 WIB
14 Serikat Pekerja Lapor Polisi Peringati May Day di Jakarta
14 Serikat Pekerja Lapor Polisi Peringati May Day di Jakarta
A A A
JAKARTA - Puluhan ribu buruh dipastikan memperingati Hari Buruh Seduia atau May Day di Jakarta pada 1 Mei 2019, Rabu lusa. Setidaknya 14 serikat buruh sudah memberikan surat pemberitahuan ke polisi terkait kegiatan aksi May Day 2019.

“Ada 14 sudah masuk (surat pemberitahuan), serikat (pekerja) yang akan mengadakan aksi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/4/2019).

Polisi, kata Argo, saat ini masih mengkaji jumlah personel yang akan diturunkan. Sebab, pihaknya masih melihat bagaimana kegiatan aksi May Day itu. “Nanti masih kita datakan, kita tunggu nanti agendanya seperti apa," kata Argo.

Pihaknya berharap, massa buruh yang ingin menggelar aksi memperingati Hari Buruh Internasional dapat menjaga ketertiban. Polisi juga berharap di Hari Buruh itu, massa menggelar acara-acara yang positif.

"Intinya adalah silakan untuk memperingati hari ulang tahun buruh dengan memanfaatkan hal yang positif, entah itu melalui kegiatan donor darah, baksos ke anak yatim dan sebagainya, itu yang sangat positif sekali. Diharapkan tidak menjadi ajang untuk trek-trekkan, yang penting untuk ajang positif," pungkas Argo.

Selain itu, massa yang membawa kendaraan juga diimbau tertib dalam berlalu lintas. Sehingga aksi tersebut dapat berjalan secara positif. "Diharapkan (peringatan hari buruh) tidak menjadi ajang untuk trek-trekkan, yang penting untuk ajang positif," kata Argo.

Di sisi lain, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan diperkirakan ada sekitar 50 ribu buruh yang bakal hadir di Senayan, Jakarta, untuk memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day pada 1 Mei 2019 mendatang. "Sampai tadi pagi, terkonfirmasi 50 ribu orang yang akan datang," kata Said Iqbal.

Berbeda dengan peringatan May Day tahun-tahun sebelumnya, peringatan May Day tahun ini tidak akan ada aksi long march. Pihaknya akan mempusatkan kegiatan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6294 seconds (0.1#10.140)