HUT Ke-39, Dekranasda DKI Dukung Perajin Jakarta

Rabu, 20 Maret 2019 - 20:11 WIB
HUT Ke-39, Dekranasda DKI Dukung Perajin Jakarta
HUT Ke-39, Dekranasda DKI Dukung Perajin Jakarta
A A A
JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta menggelar Perayaan HUT Dekranas ke 39 sekaligus memperingati usia Dekranasda DKI Jakarta ke 39 di Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Acara dimeriahkan oleh berbagai penampilan dari pengurus dan anggota, di antaranya peragaan busana oleh istri wali kota dan bupati DKI Jakarta, bazar produk perajin dari 6 wilayah dan kabupaten DKI Jakarta, lomba pantun, dan konferensi pers untuk memaparkan program Dekranasda DKI Jakarta sepanjang tahun 2019.

"Sebagai mitra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pembinaan dan pengembangan seni kerajinan, di usia baru ini kami semakin berkomitmen untuk membina perajin dan berjalan bersama melestarikan warisan budaya bangsa khususnya budaya Jakarta," tutur Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

"Berbagai kegiatan kami siapkan untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi perajin Jakarta serta keterlibatan masyarakat dalam mendukung seni kerajinan. Kegiatan kami sepanjang tahun 2019 diantaranya terdiri dari 11 Pameran, 23 Workshop dan Pelatihan dalam bidang daya saing, manajemen usaha dan kreatif, serta kompetisi Desain Lifestyle Jakarta yang terbuka untuk masyarakat umum," sambungnya.

Dekranasda DKI Jakarta saat ini aktif membina 314 perajin Jakarta yang mengembangkan ragam motif khas Jakarta melalui berbagai seni kerajinan.

Bahan dasar kerajinan yang digunakan cukup bervariatif mulai dari kerajinan berbahan dasar batu alam, kayu, keramik, logam, material asli alam lainnya, serat alam, sampai dengan lembaran kain atau tekstil. Bahkan, beberapa perajin memanfaatkan limbah sebagai bahan dasar produknya.

Ayi Fatmawati, salah satu Perajin Jakarta dengan brand Artha Betawi Craft mengungkapkan bahwa pihaknya memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan dasar berbagai kerajinan.

"Dengan pembinaan dan kesempatan pengembangan usaha yang diberikan oleh Dekranasda DKI Jakarta, kini produk- produk kami semakin berkembang dan mampu melakukan pemasaran secara lebih mudah karena Dekranasda DKI Jakarta juga memfasilitasi Perajin untuk ikut serta dalam berbagai pameran," ujarnya.

Selain melalui kegiatan pameran, Dekranasda DKI Jakarta juga terus memaksimalkan pengelolaan sepuluh gerai yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta sebagai sarana pemasaran hasil karya perajin.

Ke-10 gerai tersebut berlokasi di Lantai 1 Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Blok G Balaikota DKI Jakarta, Gedung Mitra Praja, Lantai 1 Blok H-31 Pusat Perbelanjaan Thamrin City, Lantai 2 Mall Artha Gading, dan seluruh Kantor Walikota Administrasi DKI Jakarta.

Kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari swasta hingga pemerintah provinsi dan pusat juga terus dijalin sebagai upaya untuk memperluas kesempatan perajin dalam mengembangkan diri.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5649 seconds (0.1#10.140)