Penyelenggaraan Haji dan Umrah, ATW Tawarkan Metode Fast Baitullah

Minggu, 03 Februari 2019 - 17:49 WIB
Penyelenggaraan Haji dan Umrah, ATW Tawarkan Metode Fast Baitullah
Penyelenggaraan Haji dan Umrah, ATW Tawarkan Metode Fast Baitullah
A A A
BEKASI - PT Aida Tourindo Wisata (ATW) memperkenalkan konsep Fast Baitullah kepada para calon jamaah di Indonesia maupun bagi warga Bekasi. Penyelenggara haji dan umrah ini juga mengajak calon jamaah untuk mendalami empat akhlak yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW.

Empat ahlak mulia itu adalah Fathonah (cerdas), Amanah (terpercaya), Shiddiq (benar perkataan dan perbuatannya) serta Tabligh (terampil dalam komunikasi). Sehingga, jamaah yang diberangkatkan PT Aida Tourindo Wisata bisa meresapi manfaat ibadah haji maupun umrah.

"Pehamanan tentang akhlak Rasulullah kepada para jamaah perlu ditanam dengan baik," ujar Direktur Eksekutif PT Aida Tourindo Wisata, Ridwan Mukri kepada SINDO dalam peresmian Kantor PT Aida Tourindo Wisata di Ruko Suncity Square Blok A, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (3/2/2019).

Menurutnya, pemahaman itu perlu diberikan lantaran banyak dari jamaah selama ini datang ke Madinah dan salat di Masjid Nabawi, hanya kagum kemegahan bangunan tapi lupa dengan tingginya akhlak Rasulullah yang selama ini perlu diteladani oleh umat muslim di dunia.

"Semua keindahan mereka kagumi di sana, tapi lupa 'cahaya' yang dibawa oleh Rasulullah itu lebih indah. Maka dari itu, di Madinah kita punya kesempatan mengajak jamaah untuk belajar empat akhlak yang dimiliki Rasulullah yang perlu kita contoh fan teladani," katanya.

Ridwan menjelaskan, dengan metode Fast ini, para jamaah akan diajak untuk membayangkan sejarah Nabi Muhammad dalam membangun peradaban dan akhlak yang mulia. Di Madinah, jamaah juga diberitahu perjuangan dan pengorbanan Nabi Muhammad SAW.

Sehingga, kata dia, mereka di sana bukan hanya mendapat pahala karena salat di Masjid Nabawi, tapi mengenal sosok Rasulullah dan para sahabat. Tidak hanya itu, semenjak di Indonesia sifat calon jamaah juga akan diukur dengan akhlak yang dimiliki Rasulullah dengan metode yang diberikan.

"Apakah dominan memiliki Fathonah, Amanah, Shiddiq atau Tabligh. Hasilnya, para jamaah akan paham tentang dirinya sendiri," jelasnya.

PT ATW, lanjut dia, mempunyai metode pengukuran atau assessment menggunakan kusioner yang diisi acak saat manasik sesuai pertanyaan psikologis.

Selain mengajarkan tentang akhlak Rasulullah, jamaah juga akan diajak untuk mendalami asmau'l husna (99 nama-nama Allah). Jamaah akan diajak berzikir dan mengahafalkan 99 nama-nama yang dimiliki Allah SWT selama proses umrah dan lewat
pembinaan pasca umrah.

Sebab, konsef Fast ini bisa membangun peradaban, konsep dan akhlak. Tidak mungkin seseorang bisa sukses tanpa sifat Fathonah, Amanah, Shiddiq atau Tabligh. "Metode yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi si calon jamaah haji atau umrah ketika kembali ke Indonesia," katanya.

Direktur Utama PT Aida Tourindo Wisata, Husen Badeges menambahkan, paket umrah di perusahaannya dimulai dari Rp21,5 sampai Rp24 juta per orang. Biaya umrah sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi, perlengkapan umrah, visa, transportasi bus dan akomodasi hotel.

Ditambah diberikan fasilitas makan 3x sehari, pemandu, ziarah dan city tour, asuransi perjalanan, bagasi, air zam-zam dan manasik umrah. "Biaya yang dipatok cukup terjangkau dengan pelayanan yang diberikan kepada para jamaah, salah satunya konsep FAST Baitullah yang kami berikan," imbuhnya.

Husen mengatakan, melalui konsep ini, diharapkan jamaah yang pulang dari ibadah umrah bisa lebih bermakna dan bisa mengubah kehidupan spiritual dan dunia. Bahkan,dari sekitar 1.000 perusahaan biro perjalanan umrah dan haji, hanya lembaganya yang menyediakan konsep ini.

Konsep ini, kata dia, ditemukan oleh Ridwan Mukri pada 2016 lalu dan mulai diterapkan tahun ini. Diharapkan metode ini bisa dirasakan berbeda bagi calon jemaah yang diberangkatkan oleh PT ATW.

"Kita ingin semua jemaah yang kita berangkatkan merasakan makna dari haji dan umrah," tandasnya. (Baca Juga: Antisipasi Antrean Panjang, Jamaah Haji Bisa Urus Paspor di Hari Libur(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6533 seconds (0.1#10.140)