Sejumlah Kegiatan Bakal Ramaikan Perayaan Tahun Baru

Kamis, 27 Desember 2018 - 05:09 WIB
Sejumlah Kegiatan Bakal Ramaikan Perayaan Tahun Baru
Sejumlah Kegiatan Bakal Ramaikan Perayaan Tahun Baru
A A A
JAKARTA - Menikmati pergantian tahun 2019 mendatang sejumlah acara bakal di gelar DKI. Beberapa wilayah administrasi kompak menggelar sejumlah kegiatan. Tak hanya panggung mewah, kegiatan juga akan diisi beragam perlombaan hingga nikah massal yang dilakukan seperti tahun sebelumnya.

Bahkan untuk menyemarakkan pergantian tahun nanti, DKI bakal memberlakukan Car Free Night (CFN) di Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Panggung hiburan akan meramaikan acara di sana.

PLT Kadis Pariwasata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro mengatakan CFN akan diberlakukan pada 31 Desember 2018 malam mulai dari persimpangan Patung Kuda hingga Bundaran HI dimulai pukul 6 sore hingga 2 pagi.

“Nantinya akan diramaikan bazaar pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), mulai dari pedagang makanan hingga pengrajin,” ujar Asiantoro ketika dihubungi, Rabu (26/12/2018).

Sembari berbelanja, Asiantoro melanjutkan, sejumlah hiburan akan di sajikan, lima panggung hiburan akan di tebar sepanjang jalan, di antaranya, Bundaran HI, Wahid Hasyim, Sarinah, Patung Kuda. Musik beragam genre akan ditampilkan bersama.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi menambahkan sebelum pesta pergantian tahun di gelar, Pemprov DKI akan menggelar kawin massal di Jalan MH Thamrin 10. Sejumlah pasangan dipastikan akan hadir dalam kegiatan ini.

“Intinya nggak jauh berbeda seperti tahun lalu,” kata Irwandi.

Di tahun 2017 lalu, Irwandi mencatat ada 300 pasangan yang hadir dalam kawin isbat. Sementara untuk tahun ini, Irwandi belum memastikan berapa jumlahnya, namun dirinya yakin jumlah itu akan lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Terlebih, dalam acara itu, rencananya antar jemput gratis akan dilakukan pihak kelurahan. Selain itu para peserta akan mendapatkan akomodasi. “Biasanya bayar, ini mah gratis bahkan kami kasih akomodasi,” ujar Irwandi.

Banyak acara yang bakal berlangsung saat pergantian tahun nanti, Irwandi menyarankan agar masyarakat yang mau menikmati agar jalan lebih awal dan datang ke kawasan Bunderan HI.

Bakar Ikan dan Suku

Sementara itu, di Utara Jakarta. Beragam perlombaan akan digelar. Diantaranya Lomba Bakar Ikan dan Festival Sukun. Selain beragam panggung hiburan akan di tebar di sejumlah titik di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menjelaskan pusat pergantian tahun di Jakarta Utara akan di pusatkan di Danau Sunter. Perlombaan bakar ikan akan dilakukan, perlombaan ini di pilih untuk menonjolkan karakteristik wilayah Jakarta Utara yang berbatasan langsung dengan laut.

“Ikonnya kan dekat ke laut, dan nelayan menjadi ciri khas Jakarta Utara makanya kami pilih lomba bakar ikan,” kata Ali.

Dalam perlombaan itu, Ali mengatakan setiap RW mengirimkan tiga orang wakilnya untuk lomba. Lomba ini akan dimulai dari tingkat kelurahan sebelum akhirnya ke tingkat kecamatan dan kota.

“Semua tingkat lomba akan digelar di Danau Sunter mulai sore hingga hampir tengah malam,” terang Ali yang mengundang tokoh masyarakat.

Bersama dengan di kawasan MH Thamrin. Ali menyebutkan CFN akan digelar di jalan Danau Sunter Selatan dimulai pukul 18.00 WIB hingga 2 pagi. Karena itu pihaknya meminta agar masyarakat yang mau menikmati Tahun Baru yang diselenggarakan pihaknya agar datang lebih awal.

Meski demikian, Ali mengakui pihaknya tak melarang sejumlah masyarakat untuk melakukan kegiatan lain dalam pesta pergantian tahun. Bahkan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol dirinya mengakui gelaran acara bakal berlangsung disana.

Sementara di Kepulauan Seribu untuk pergantian Tahun Baru akan digelar festival sukun di kawasan Pulau Pramuka. Bupati Kepulauan Seribu, Husain Murad mengatakan selain festival sukun, akan ada empat panggung hiburan yang disiapkan, yakni Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Tidung, dan Pulau Untung Jawa.

Dibandingkan weekend biasa, Husain menyakini pengunjung di Tahun Baru jauh lebih ramai. Karena ia mengatakan moment ini untuk mengenalkan buah sukun yang banyak di tanam di pulau seribu. Beragam olahan akan dibuat oleh masyarakat.

“Dengan demikian kami akan membantu pendapatan warga,” tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8149 seconds (0.1#10.140)