Stabilkan Harga Pangan, DKI Buka Potensi Kerja Sama Antar Daerah

Kamis, 06 Desember 2018 - 12:27 WIB
Stabilkan Harga Pangan, DKI Buka Potensi Kerja Sama Antar Daerah
Stabilkan Harga Pangan, DKI Buka Potensi Kerja Sama Antar Daerah
A A A
JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu narasumber dalam sesi diskusi pertama Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Bersama moderator Ekonom Aviliani, Anies menyampaikan berbagai potensi kolaborasi antar daerah bisa dilakukan, salah satunya kerja sama untuk mewujudkan stabilitas harga pangan di Jakarta.

"Kita ingin ada stabilitas harga, itu barometernya. Kita membagi tugas, SKPD memikirkan besaran demand-nya dan BUMD memikirkan supply-nya," kata Anies di lokasi, Kamis (6/12/2018).

Anies mengatakan, dari perhitungan itu baru bisa memastikan pasokan di DKI Jakarta apakah sudah sesuai dengan kebutuhan.

Melalui Raker APPSI, Anies berharap kerja sama antar daerah antara Pemprov maupun BUMD Pangan (Food Station Tjipinang Jaya, Dharma Jaya, dan Pasar Jaya) dapat mengamankan pasokan pangan termasuk menjaga stabilitas harga.

"Kita ingin ada kerja sama informasi antar daerah untuk pasokan dan harga. Jadi, kita bisa mengetahui demand yang ada dan supply yang mungkin muncul antar daerah. Harapan kita untuk forum ini ada potensi yang bisa kita kerja samakan," katanya.

Anies kemudian memaparkan data kebutuhan pangan masyarakat Jakarta seperti komoditas beras, telur, daging, maupun sayur-mayur.

Selama ini, Pemprov DKI telah melakukan kerja sama antar daerah untuk menjawab permintaan komoditas pangan di Jakarta, menyederhanakan mata rantai distribusi, melakukan operasi pasar maupun bazar, serta keterbukaan akses data komoditas melalui kanal Informasi Pangan Jakarta.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3975 seconds (0.1#10.140)