JakLingko Jangkau Permukiman Warga

Sabtu, 01 Desember 2018 - 15:27 WIB
JakLingko Jangkau Permukiman Warga
JakLingko Jangkau Permukiman Warga
A A A
JAKARTA - Peningkatan pelayanan transportasi dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Melalui program JakLingko, ke depan angkutan Ibu Kota ditarget dapat menjangkau hingga ke permukiman warga.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan rute trayek angkutan umum di Jakarta belum pernah mengalami perubahan sejak tahun 1990. Karena itu, sudah saatnya pembenahan pola moda transportasi dilakukan.

“Saat ini jangkauan layanan angkutan umum di Jakarta baru mencapai 68%. Dan kami berencana akan memperluas jangkauan tersebut hingga mencapai 95%,” ungkap Anies.

Menurut orang nomor satu di Ibu Kota ini, pola transportasi mendesak untuk dibenahi. Mengingat besarnya jumlah kendaraan bermotor yang mencapai 13 juta unit roda dua dan 3 juta unit roda empat.

Anies mengemukakan enggannya warga beralih ke angkutan umum lantaran saat ini angkutan umum baru menjangkau sekitar 68% warga. Di mana jarak halte dengan rumah warga paling pendek sekitar 1 kilometer.

“Saya menginginkan jangkauan jarak rumah dengan halte hanya sekitar 500 meter, sehingga jangkauan angkutan umum bisa di atas 95%. Dengan begitu warga akan mudah mengakses angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadinya untuk beraktifitas,” ucap Anies.

Dengan perluasan jangkauan dan terintegrasinya trasnportasi Anies mengaku optimis bila permasalahan kemacetan Jakarta akan teratasi. Terlebih di waktu bersamaan moda transportasi massal seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan beroperasi.

“Semuanya nanti akan tergabung menjadi satu manajemen, yaitu JakLingko,” tukasnya.

JakLingko nantinya tidak hanya mengintergrasikan antar moda, tetapi juga manajemen dan tarif angkutan umum.

“Diharapkan pada 2019, semua itu sudah bisa mulai diterapkan di Jakarta,” pungkasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5394 seconds (0.1#10.140)