Kembangkan Budaya, DKI Bersinergi dengan Bamus Betawi

Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:01 WIB
Kembangkan Budaya, DKI Bersinergi dengan Bamus Betawi
Kembangkan Budaya, DKI Bersinergi dengan Bamus Betawi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan bersinergi dengan Majelis Adat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi untuk mewujudkan persatuan, merangkul warga Jakarta dan mengembangkan kebudayaan Betawi di ibu kota.

"Insya Allah mulai tahun ini kita akan bekerja sama terus dan insya Allah Jakarta bisa menjadi contoh masyarakat berkembang terus dan kita siap untuk mendukung," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat Pengukuhan Pengurus Majelis Adat Bamus Betawi periode 2018-2023 di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Anies berharap, Majelis Adat Bamus Betawi bisa memberikan manfaat banyak bagi warga Jakarta.

"Hari ini saya merasa bersyukur sekali. Alhamdulillah proses yang panjang itu telah memasuki fase yang baru untuk masyarakat Betawi. Dan kita semua berharap agar Majelis Adat ini benar-benar menjadi payung yang meneduhkan yang menjangkau semua," kata Anies.

Di samping itu, Anies menekankan pelestarian budaya harus diiringi dengan pengembangan kebudayaan agar sesuatu yang diwariskan dapat terus bertahan dan bisa dinikmati lintas zaman.

Ia juga menyampaikan apresiasinya atas kebudayaan khas Betawi yang memungkinkan setiap perbedaan identitas mampu mempersatukan dan diterima dengan baik di tanah Jakarta.

"Ini saatnya juga masyarakat Betawi untuk ikut lebih mewarnai Indonesia. Dan kita berharap agar Bamus Betawi memainkan peran yang besar di sini. Karena di sini berkumpul dari berbagai macam organisasi kemasyarakatan Betawi. Ini sangat lengkap dari mulai yang anak-anak, yang masih muda, sampai yang secara hitungan usia sudah banyak," urainya.

Diharapkan pula, melalui peran Majelis Adat dan para Tokoh Masyarakat Betawi beserta generasi muda Betawi, selain dapat mengawal Program Strategis/Prioritas di bidang Pembangunan dan Pengembangan Lingkungan Cagar Budaya, juga mengambil peran dalam mengawal pembangunan di Jakarta.

Adapun tugas dan fungsi Majelis Adat Bamus Betawi, antara lain meningkatkan kepekaan dan daya antisipasi tinggi para personel organisasi Bamus Betawi dan organisasi Kebetawian dalam wadah Bamus Betawi, mempersatukan berbagai organisasi kebetawian di Jabodetabek dengan jumlah yang cukup banyak dan berkomitmen memajukan SDM masyarakat Betawi.

Untuk diketahui, Pengukuhan Pengurus Majelis Adat Bamus Betawi periode 2018-2023 dilakukan oleh Ketua Majelis Adat Bamus Betawi, H. Nuri Thaher, yang disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Adapun susunan pengurus Majelis Adat Bamus Betawi sebagai berikut.
Kembangkan Budaya, DKI Bersinergi dengan Bamus Betawi
Majelis Adat.
Ketua: H.M Nuri Thaher
Wakil Ketua: Drs. H. Murdani, MH
Sekretaris/Anggota: Bambang S. Syukur
Anggota:
1. Dr. Ing. H. Fauzi Bowo
2. Drs. Effendi Yusuf, SH
3. Brig, Jend (Purn) Dr. H. Abdul Syukur, SKM
4. KH. Yazid Ramli
5. KH. Drs. Abdul Rasyid AS
6. Drs. H. Rusdi Saleh
7. Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, MPD
8. Dr. H. Firdaus Djaelani, SE, MA.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4360 seconds (0.1#10.140)