Mahasiswa MNC Collage Juga Dapat Ilmu Literasi Keuangan

Rabu, 17 Oktober 2018 - 19:19 WIB
Mahasiswa MNC Collage Juga Dapat Ilmu Literasi Keuangan
Mahasiswa MNC Collage Juga Dapat Ilmu Literasi Keuangan
A A A
JAKARTA - Literasi media yang digelar MNC Group di MNC Business & Education College juga menghadirkan Direktur PT MNC Asset Management Suwito Haryatno dan Hendra Juvianto, perwakilan unit pengembangan wilayah area 3 Bursa Efek Indonesia. Ratusan mahasiswa pun sangat antusiasme mengikuti literasi dengan tajuk 'Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial'.

"Kita menyampaikan literasi keuangan seperti apa pentingnya investasi itu seperti apa investasi. Dan ini harus dimulai sejak dini. Nanti kalau rekan-rekan mahasiwa sudah masuk dunia kerja mereka harus sudah mengenal investasi," ungkap Direktur PT MNC Asset Management Suwito Haryatno dan Hendra Juvianto di lokasi, Rabu (17/10/2018).

Dia menambahkan, dengan memiliki literasi keuangan bidang investasi, diharapkan mahasiswa saat bekerja nanti mampu mengurangi sifat konsumtifnya."Jadi hasil nanti mereka kerja, enggak sepenuhnya dikonsumsi tapi harus disisihkan untuk investasi," katanya.

Suwito menegaskan, mahasiswa harusnya paham duni ekonomi. Karena ke depannya sebagai tunas bangsa mahasiswa diharapkan hadir dapat memberikan solusi."Keuangan itu sebetulnya hal sederhana. Yang masalah karena tidak ada sebelumnya literasi keuangan, mahasiswa kan nantinya pemangku kebijakan mereka harus dibekali ilmu keuangan. Padahal itu backbone ke depan," lanjutnya.

Bagi generasi milenial, Suwito menyarankan agar banyak menyerap ilmu yang dapat diaplikasikan."Pilhannya kan banyak nanti setelah mereka lulus. Bisa buka usaha sendiri atau bekerja di perusahaan orang. Generasi milenial kita enggak bisa bilang oh mereka harus kerja di perusahaan ini itu. Karena mereka tantangannya berbeda sekali. Diharapakan mereka applicable jangan sampai tidak matching, namanya sama aja," urainya.

Sementara itu Hendra Juvianto, perwakilan unit pengembangan wilayah area 3 Bursa Efek Indonesia menyampaikan mengenai saham dan investasi serta risikonya. Menurut Hendra, mahasiswa bisnis harus mengetahui produk investasi apa yang cocok bagi kondisi saat ini.

"Mahasiswa harus mulai berinvestasi, syaratnya hanya di KTP, dengan mengetahui produk yang baik," jelasnya. Untuk 'menanam' saham di zaman sekarang cukup mudah jika dibandingkan sebelumnya.

"Dulu lewat broker sekarang bisa melalui aplikasi. Jadi dengan adanya handphone kita bisa install aplikasi dari sekuritas terkait, kita bisa analisa, update market dari aplikasi tersebut," ujarnya.

Salah satu mahasiswa MNC Business mengaku senang dengan acara tersebut.
"Kita sudah mendapat pelajaran yentang saham dari dosen, sekarang langsung dihadirkan ahlinya," kata Ferdian mahasiswa Prodi Management.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6836 seconds (0.1#10.140)