Bamus Betawi Bakal Tertibkan Pengamen Ondel-ondel di Jakarta

Sabtu, 01 September 2018 - 18:36 WIB
Bamus Betawi Bakal Tertibkan Pengamen Ondel-ondel di Jakarta
Bamus Betawi Bakal Tertibkan Pengamen Ondel-ondel di Jakarta
A A A
JAKARTA - Badan Musyawarah (Bamus) Betawi angkat bicara terkait maraknya pengamen ondel-ondel yang kerap berkeliaran di jalan-jalan, baik jalan lingkungan maupun jalan besar di Jakarta.

Ketua Bamus Betawi, Zainudin alias Haji Oding menegaskan bakal segera melakukan penertiban terhadap para pengamen ondel-ondel di Ibu Kota.

“Ya, nanti kita tertibkan. Pasti ditertibkan,” ujar Haji Oding di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (1/9/2018). (Baca juga: Pemprov DKI Ubah Penampilan Ondel-Ondel Keliling, Begini Bentuknya)

Para pengamen ondel-ondel biasanya beroperasi dalam satu grup berisi 3-5 orang. Mereka berjalan dengan mengarak boneka raksasa. Ada yang bertugas memaninkan alat musik atau mendorong sound system di atas gerobak. Sementara anggota lain bertugas meminta uang kepada warga yang dilaluinya.

Tak jarang, aksi ‘ngarak’ ondel-ondel itu berdampak negatif, seperti membuat arus lalu lintas jadi tersendat. Sebab, selain banyaknya personel, wujud raksasa dari boneka ondel-ondel itu tak jarang memakan ruang jalan.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5389 seconds (0.1#10.140)