Stasiun Jakarta Tak Mengalami Dampak Pembaharuan Sistem

Senin, 23 Juli 2018 - 12:46 WIB
Stasiun Jakarta Tak...
Stasiun Jakarta Tak Mengalami Dampak Pembaharuan Sistem
A A A
JAKARTA - Pembahuruan dan pemeliharaan sistem e-ticketing yang dilakukan PT KCI di seluruh stasiun Commuter Line berimbas pada antrean panjang di stasiun-stasiun tersebut.

Namun dari 79 stasiun Kereta Rel Listrik (KRL), stasiun di Jakarta tidak berdampak buruk. Arus penumpang dapat terurai, sehingga antrean di gate masuk dan keluar tak terlihat.

Seperti di Stasiun Palmerah, Jakarta Pusat, gate yang banyak membuat penumpukan penumpang tak terlihat. Ditambah dengan petugas yang berjaga, penumpang dengan mudah lalu lalang di stasiun itu.
Stasiun Jakarta Tak Mengalami Dampak Pembaharuan Sistem
Kondisi serupa juga terjadi di Stasiun Duri, Tambora, Jakarta Barat. Di sana antrean nyaris tak terlihat. Kondisi stasiun duri yang menjadi transit kereta membuat dampak pembaharuan tiket tak terlihat.

Sebab, penumpang kereta di sana tidak keluar masuk. Mereka hanya berhenti untuk melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Tanah Abang maupun Jakarta Kota.

"Justru ini malah lebih cepat, biasanya malah padat," ucap Dudung (39), penumpang di Stasiun Duri, Tambora, Jakarta Barat, Senin (23/7/2018). (Baca Juga: KCI Pastikan Pukul 15.00 Kartu Elektronik Berlaku Kembali
Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan pembaharuan sistem di sejumlah stasiun. Mereka mengupgrade sejumlah gate agar bisa mentapping kartu ke seri 1001.

Salah satu petugas KCI di Stasiun Duri, Ifan, mengatakan kepadatan yang terjadi di Stasiun Duri sejak pagi tadi mulai berkurang. Penumpang tidak terlihat bertumpuk sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB tadi. "Memang tadi sempat ada antrean, tapi tidak lama," ucap Ifan.

Ifan yang terlihat lelah lantaran harus mengecek kertas yang dibawa penumpang sebagai pengganti kartu tapping telah berjaga sejak pagi tadi.

Pembukaan gate dilakukan di sejumlah stasiun. Semua penumpang keluar langsung di cek, dan kertas dirobek. (Baca Juga: Uang Elektronik dan KMT Tak Berlaku, Antrean Panjang di Stasiun Bogor
Demi mengurai antrean di gerbang stasiun. Khusus hari ini KCI memberlakukan harga tiket Rp3.000 ke setiap stasiun sejak pagi tadi.

Pemberlakukan ini membuat antrian berkurang di beberapa stasiun jakarta. Namun di stasiun pemberangkatan, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serpong kepadatan terlihat. Di sana, gate gate penumpang di padati oleh sejumlah penumpang.

Bahkan di Depok, sejumlah penumpang yang malas antre, membeli tiket melalui calo dengan harga Rp5.000. "Yah mau gimana. Kita mengejar waktu," ucap Maya (36), salah seorang penumpang yang dihubungi melalui telepon. (Baca Juga: Antrean Penumpang di Stasiun Pasar Minggu Dianggap Masih Normal(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)