Polisi Tingkatkan Pengamanan di Pemukiman Warga dan Sentra Ekonomi

Kamis, 07 Juni 2018 - 18:05 WIB
Polisi Tingkatkan Pengamanan di Pemukiman Warga dan Sentra Ekonomi
Polisi Tingkatkan Pengamanan di Pemukiman Warga dan Sentra Ekonomi
A A A
JAKARTA - Menjelang hari raya Idul Fitri, Polda Metro Jaya meningkatkan pengamanan di Ibu Kota. Patroli petugas akan diintensifkan terutama di kawasan pemukiman warga dan sentra ekonomi.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis sudah memerintahkan Kapolres hingga Kapolsek untuk segera melakukan pendataan lokasi pemukiman yang kemungkinan sepi ditinggal pemiliknya karena mudik Lebaran. "Lokasi itu nantinya akan kami tingkatkan jumlah atau jam patrolinya," ujar Kapolda, Kamis (7/6/2018).

Kapolda juga meminta anggotanya di lapangan aktif berkomunikasi dengan warga sekitar untuk mengkonsepkan sistem pengamanan yang tepat di wilayah tersebut. "Karena tiap wilayah punya karakter berbeda, sehingga harus berkomunikasi dengan warga sekitar," katanya.

Idham Azis juga mengimbau kepada masyarakat yang akan meninggalkan rumahnya agar menitipkan ke tetangga atau ke pos polisi terdekat. Sementara itu, untuk sentra ekonomi, seperti pasar dan pusat perbelanjaan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh pengelola.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menambahkan, untuk penjagaan rumah kosong (rumsong) pihaknya sudah membentuk Tim Rumsong yang akan mulai bertugas dari pendataan hingga penjagaan.

"Kami punya tim khusus yang memang untuk menjaga lingkungan yang memang banyak rumah kosong karena ditinggal mudik," tukasnya.

Saat ini, pendataan masih dilakukan bekerja sama dengan ketua RT dan RW setempat. "Masih dilakukan pendataan. Selain untuk pencurian, penjagaan rumsong juga kami lakukan untuk mencegah insiden lainnya, seperti kebakaran,” pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5838 seconds (0.1#10.140)