Sidak Pasar Senen, Tim Temukan Bahan Makanan Mengandung Formalin

Jum'at, 01 Juni 2018 - 10:15 WIB
Sidak Pasar Senen, Tim Temukan Bahan Makanan Mengandung Formalin
Sidak Pasar Senen, Tim Temukan Bahan Makanan Mengandung Formalin
A A A
JAKARTA - Tim terpadu Jejaring keamanan pangan Jakarta Pusat dan BPOM melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah penjual makanan di pasar tradisional pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat. Dalam sidak tersebut, tim menemukan sejumlah bahan makanan mengandung bahan berbahaya seperti formalin.

Selain pasar tradisional, swalayan di Gajah Mada juga tidak luput disidak oleh tim Jejaring Jakarta Pusat. Dari sidak di pasar Senen tersebut, petugas mendapati makanan yang mengandung bahan formalin seperti tahu, pacar cina dan krupuk mengandung bahan boraks.

Sementara di swalayan, petugas menemukan ayam giling berformalin dan buah jambu batu (klutuk) serta jeruk tidak layak jual alias busuk.

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede, sidak yang dilakukan untuk menjamin keamanan pangan khususnya Pangan Asal Hewan (PAH) yang tersedia dan beredar di wilayah Jakarta Pusat."Kami ingin pastikan, sampai di konsumen telah memenuhi kriteria aman, sehat, utuh dan halal (Asuh) belum," jelas Mangara melalui siaran persnya, Jumat (1/6/2018).
Selain melakukan sidak terhadap makanan berbahaya, wali kota juga memantau harga sayur mayur, beras, telor dan lain lain.Ada beberapa barang yang naik dan turun diantaranya bawang mengalami kenaikan dari Rp32 ribu menjadi Rp35 ribu perkilo, Ayam dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu/ekor, cabe rawit dan cabe merah kriting masih stabil kisaran Rp23 ribu hingga Rp25 ribu.

Sedangkan beras dan telor mengalami penurunan. Untuk beras sekarang saat ada yang Rp9.500/kg – Rp11.500/kg, telor ayam dari Rp25.000 menjadi Rp21.500. Sementara pasokan cukup terkendali dan aman.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5040 seconds (0.1#10.140)