Cegah Radikalisme, Mahasiswa UP Lakukan Ini Sebelum Kuliah Dimulai

Kamis, 17 Mei 2018 - 20:57 WIB
Cegah Radikalisme, Mahasiswa UP Lakukan Ini Sebelum Kuliah Dimulai
Cegah Radikalisme, Mahasiswa UP Lakukan Ini Sebelum Kuliah Dimulai
A A A
JAKARTA - Universitas Pancasila (UP) Jakarta melakukan deteksi dini untuk mencegah gerakan radikalisme di lingkungan kampus. Caranya melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait dan lintas sektoral.

Dari dalam internal kampus, UP juga melakukan upaya pencegahan yaitu melalui pemberian pemahaman nilai-nilai Pancasila selama lima menit sebelum perkuliahan dimulai.

Hal ini akan dilakukan terus menerus sehingga mahasiswa bisa memahami nilai-nilai Pancasila dengan baik dan mencegah terjadinya tindakan radikalisme.

“Deteksi (terhadap gerakan radikalisme) kami lakukan tetapi tertutup, karena gerakan itu juga dilakukan tertutup dan halus. Kami bekerja sama dengan kepolisian dan berbagai institusi untuk memantau,” ujar Rektor UP Wahono Sumaryono ketika membacakan pernyataan sikap, Kamis (17/5/2018).

Dia mengimbau kepada civitas akademika untuk tidak memperkeruh dengan ikut menyebarkan informasi yang belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. Soal pemahaman bahaya radikalisme, pihaknya telah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Pemahaman itu diberikan pada mahasiswa supaya mereka tidak terlibat di dalamnya. Kemudian mahasiswa juga menandatangani surat pernyataan untuk mengikuti tata tertib kampus. Ini sebagai early detection,” tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya juga tidak berani menyebutkan kalau kampusnya streril dari gerakan radikalisme. Tapi yang jelas, segala upaya pencegahan sudah lama dilakukan pihak kampus.

“Sejauh ini belum ada indikasi mahasiswa kami terlibat. Tapi kami juga belum berani menyatakan kampus ini steril,” pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)