Polisi Gerebek Pabrik DVD dan CD Bajakan di Tangerang

Selasa, 27 Maret 2018 - 20:50 WIB
Polisi Gerebek Pabrik DVD dan CD Bajakan di Tangerang
Polisi Gerebek Pabrik DVD dan CD Bajakan di Tangerang
A A A
TANGERANG - Pabrik VCD, DVD, dan CD bajakan di Jalan Raya Perancis, Kosambi, Tangerang, digerebek polisi. Puluhan ribu keping VCD, DVD, dan CD bajakan siap jual ditemukan di dalam pabrik ini.

Pabrik VCD, DVD, dan CD bajakan ini, telah beroperasi sejak beberapa bulan lalu di wilayah Kosambi. Mereka memproduksi aneka VCD, DVD, dan CD bajakan untuk dijual kembali ke tengah masyarakat.

Kapolresto Tangerang Kota Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan, pabrik VCD, DVD, dan CD bajakan memiliki omzet ratusan juta rupiah.
"Pengungkapan ini berawal dari laporan masyarakat yang melihat adanya mobil yang mengangkut VCD dari gudang tersebut beberapa hari lalu," kata Harry di Kosambi, Tangerang, Selasa (27/3/2018).

Dari informasi itu, pada Senin 26 Maret 2018, petugas akhirnya mendatangi lokasi pergudangan di Kosambi. Setelah dilakukan pengintaian, ternyata pabrik itu memproduksi VCD, DVD, dan CD bajakan.

"Kami masih melakukan penyelidikan terkait izin yang dikantongi gudang tersebut. Sebanyak enam orang telah dimintai keterangan, termasuk sopir yang mengemudikan mobil," ungkap Harry.

Harry melanjutkan, VCD, DVD, dan CD bajakan yang telah digandakan itu dipasarkan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek). Sejak dua bulan operasi, mereka telah meraup omzet ratusan juta.

"Dalam sehari mereka memproduksi 10.000 keping VCD dan DVD bajakan. DVD ini berbagai macam, ada yang berbentuk film ada juga yang karaoke. Itu keterangan dari para pekerjanya," sambung Harry.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestro Tangerang Kota AKBP Deddy Supriyadi menambahkan, pegungkapan berawal dari informasi warga yang menyatakan bahwa ada mobil pengangkut DVD bajakan.
"Sekali angkut, mobil Suzuki APV nopol B 1506 FMA itu bisa membawa belasan ribuan keping DVD bajakan. Mobil itu berasal dari Jalan Raya Perancis, Kosambi, Tangerang," ujarnya.

Berbekal laporan itu, Tim Krimsus Satuan Reskrim Polrestro Tangerang Kota bergerak melakukan penyelidikan. Petugas pun memantau kendaraan yang membawa DVD bajakan itu hingga ke pabriknya.

"Setelah kami lakukan pengecekan, kendaraan tersebut memang mengangkut DVD bajakan dengan berbagai judul film, mulai dari film kartun dan barat. Seperti Coco, Thor 3, dan lainnya," ungkapnya.

Dari dalam mobil itu, ditemukan 10 karton DVD bajakan dengan total lebih dari 16.400 keping. Deddy menjelaskan, ribuan DVD ini tidak memiliki dokumen yang sah. Sehingga langsung disita petugas

"Barang-barang itu dibuat oleh PT Rajawali Cakram Perkasa yang berlokasi di Pegudangan Pantai Indah Dadap, Blok DB, No1B, Kosambi, Tangerang, dan akan dijual di kawasan Glodok," bebernya.

Dalam pengungkapan itu, petugas Polresto Tangerang Kota mengamankan sopir pabrik Heri Efendi, dan membawanya langsung ke Mapolres untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6947 seconds (0.1#10.140)