Ratusan SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Bekasi Siap Gelar UNBK

Senin, 05 Maret 2018 - 15:51 WIB
Ratusan SMP Negeri dan...
Ratusan SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Bekasi Siap Gelar UNBK
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan ratusan sekolah setingkat SMP di wilayah itu siap melaksanakan Ujian Nasioan Berbasis Komputer (UNBK). Rencananya, UNBK tingkat SMP akan dilaksanakan pada 23-26 April mendatang, setelah UNBK tingkat SMA pada 9-12 April dan SMK 2-5 April 2018.

"Di Kabupaten Bekasi sebanyak 312 sekolah tingkat SMP yang siap melaksanakan UNBK tahun ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi MA Supratman, Senin (5/3/2018).

Adapun rinciannya, sebanyak 89 SMP negeri dan 223 SMP swasta. Ketersediaan perangkat komputer dan jaringan internet di seluruh sekolah itu dipastikan sudah siap untuk melaksanakan UNBK.

Pihaknya mengapresiasi sekolah swasta yang akan mengikuti UNBK."Banyak sekolah yang menularkan program tersebut. Jadi hampir 100 persen sekolah swasta mengikuti UNBK," ujarnya.

Supratman menambahkan, pada pelaksanaan UN tahun ini, pihaknya juga meminta bantuan dari SMA dalam bentuk alat dan kebutuhan untuk pelaksanakan UNBK tingkat SMP. (Baca: Bekasi Anggarkan Rp37 Miliar untuk Pengadaan Perangkat UNBK)

Saat ini, kata dia, para pelajar yang mengikuti UNBK ini sudah dibekali berbagai pengetahuan tentang komputerisasi dari sekolahnya dan setiap sekolah sudah melaksanakan try out (TO) dan sosialisasi.

Dengan demikian, dalam pelaksanaan UNBK nanti, para siswa sudah mengerti internet atau sistem online yang dipelajari melalui TO maupun aplikasi android.

Kabupaten Bekasi, lanjut dia, pada tanggal 19 dan 20 Maret akan melakukan simulasi ketiga UNBK. Simulasi tersebut hampir mirip ujian. Apalagi UNBK tahun ini masih terdiri atas 20 paket soal.

"Kami sudah siapin semuanya, tidak ada yang ketinggalan. Dari sekolah pelosok, contohnya Muaragembong, Cabangbungin hingga perkotaan, siap gelar ujian," ungkapnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno, menilai persiapan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan UNBK masih belum maksimal. Sebab, masih banyak sekolah yang belum memiliki perangkat komputer untuk UN.

Untuk itu, perlu disiapkan secara matang dari sekarang. "Waktunya sudah mepet, tinggal beberapa bulan lagi UNBK ini dilaksanakan. Untuk itu, pemerintah harus turun melihat langsung kesiapan setiap sekolah tingkat pertama," paparnya.

Terpisah, Kepala SMPN I Tambelang, Ahmad Tajiri, mengatakan, sekolahnya sudah mempersiapkan parasana untuk UNBK tahun ini. Pihaknya menyiapkan 25 unit komputer yang bisa digunakan untuk UNBK.

"Kalau sarana sudah siap. Para siswa juga kita persiapkan untuk mengikuti UNBK ini. Walaupun belum maksimal, tetapi ratusan siswa kami siap mengikutinya," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)