MNC Peduli Fogging 2.000 Rumah Warga di Kebon Jeruk

Sabtu, 03 Maret 2018 - 12:10 WIB
MNC Peduli Fogging 2.000 Rumah Warga di Kebon Jeruk
MNC Peduli Fogging 2.000 Rumah Warga di Kebon Jeruk
A A A
JAKARTA - MNC Peduli melakukan fogging atau pengasapan di RT 1-RT 15, RW 10, Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (3/3/2018). Fogging dilakukan untuk mencegah mewabahnya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Fogging yang dilakukan sejak pagi hingga kini masih berlangsung dengan dihadiri perwakilan MNC Peduli dan ibu-ibu Jumantik di kawasan tersebut. Adapun dalam kegiatan itu, MNC Peduli mengerahkan empat mesin fogging untuk menyisir setiap rumah warga.

Corporate Secretary MNC Media Ray Wijaya mengatakan, fogging dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran penyakit DBD di lingkungan warga sekitar MNC Studios, Kebon Jeruk, itu. Fogging merupakan tindakan nyata untuk mencegah penyebaran penyakit tahunan yang kerap melanda saat musim hujan tiba.

"Kegiatan fogging untuk warga merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial perusahaan. Fogging di sekitar lingkungan yang sudah ada yang terkena penyakit DBD sangat perlu dilakukan. Tentu ini menjadi tanggung jawab sosial kami mengingat lokasinya sangat berdekatan dengan MNC Studios," ujar Ray Wijaya melalui keterangan tertulisnya.

Selain fogging, kata dia, hal lain yang perlu dilakukan warga adalah turut serta menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Kesadaran masyarakat penting untuk mencegah penyakit DBD dengan memutus sirkulasi hidup nyamuk aedes aegypti, antara lain dengan cara 3 M, yakni menutup, menguras, dan mengubur.

"Total ada sekitar 2.000 rumah warga yang dilakukan fogging gratis melalui kegiatan ini. Hingga kini sudah ada empat warga yang terkena DBD di wilayah ini," tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 10 Abdul Hamid menyampaikan terima kasih kepada MNC Peduli yang telah melakukan fogging di wilayahnya. Di RW 10, kata dia, terdapat 15 RT dan 2.000 rumah atau kepala keluarga.

"Alhamdulillah sekali MNC Peduli mau bekerja sama dengan kami warga RW 10, karena DBD di sini sudah meresahkan. Per Januari 2018 ini saja sudah ada empat warga yang terkena DBD sehingga kami pun mengajukan ke MNC agar diberikan fogging," paparnya.

Saat ini kondisi keempat warga yang terkena DBD sudah membaik lantaran telah mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit yang ada di Jakarta. Saat ini, wilayahnya masuk dalam rangking kelima di Jakarta ini tentang persoalan DBD.

Di wilayah ini sejatinya kerap dilakukan tindak pencegahan oleh warga sekitar, khususnya oleh ibu-ibu Jumantik dan kader puskesmas. Seperti melakukan kerja bakti, imbauan menjaga kebersihan lingkungan dan penjelasan tentang jentik nyamuk, khususnya DBD, hanya saja masih belum maksimal.

"Saya harapkan ke depan kerja sama ini terus ditingkatkan, supaya saat ada kejadian luar biasa, khususnya DBD di RW 10, bisa minta fogging wilayah kami," katanya.

Salah satu warga RT 09, Eko, juga menyampaikan terima kasih kepada MNC Peduli atas bantuannya ini. Ia pun berharap kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin, khususnya di kawasan Kebon Jeruk.

"Terima kasih MNC Peduli. Paling tidak kami sekarang tidak terlalu khawatir terkait DBD yang mana bisa menyerang anak-anak. Saya suka khawatir sama anak-anak yang suka bermain di luar, takut kalau kena DBD," katanya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6913 seconds (0.1#10.140)