Operasi Kendaraan Overload, 143 Mobil Tak Lulus Timbangan

Kamis, 22 Februari 2018 - 18:39 WIB
Operasi Kendaraan Overload, 143 Mobil Tak Lulus Timbangan
Operasi Kendaraan Overload, 143 Mobil Tak Lulus Timbangan
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) melakukan operasi gabungan di Gerbang Tol (GT) Kapuk, Jalan Tol Prof Dr Sedyatmo mengarah ke Jalan Tol Dalam Kota, Jakarta. Dalam operasi gabungan yang dilakukan sejak Selasa 20 hingga 22 Februari 2018, telah memeriksa 254 kendaraan pengangkut barang yang berlebihan atau overload.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menjelaskan, dalam kurun waktu tiga hari, operasi yang digelar pada pukul 08.30 hingga 12.00 WIB tersebut mencatatkan dari 254 kendaraan muatan barang yang diperiksa dan ditimbang.

"Terdapat 143 kendaraan yang tidak lulus timbang dan dinyatakan overload, sedangkan 111 kendaraan lainnya lulus timbangan," kata Heru di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Heru melanjutkan, dari 143 kendaraan yang tidak lulus timbangan, 93 di antaranya ditilang dan 10 kendaraan ditahan oleh Dishub akibat terindikasi overload, sedangkan 50 kendaraan sisanya ditilang oleh Satuan PJR karena tidak memiliki kelengkapan surat-surat persyaratan administrasi.

"Oleh karena itu, Jasa Marga akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengurangi pelanggaran oleh kendaraan angkutan barang yang overload atau overdimensi di ruas-ruas jalan tolnya demi keselamatan pengguna jalan tol dan kelancaran arus lalu lintas," kata Heru.

Operasi gabungan itu, kata Heru, merupakan wujud komitmen PT Jasa Marga untuk terus meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan tol.

Hal tersebut dikarenakan, kendaraan muatan barang yang overload, overdimensi, dan overcapacity dapat berdampak pada keselamatan pengguna jalan tol lainnya, kepadatan arus lalu lintas di dalam jalan tol, serta kerusakan pada lapisan aspal jalan.

"Oleh karena itu, Jasa Marga terus mengimbau kepada pemilik usaha agar tetap mematuhi aturan mengenai kendaraan bermuatan yang akan melintasi jalan tol, demi keselamatan dan kenyamanan bersama," imbuhnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3233 seconds (0.1#10.140)