Jalan Retak di Pinggir Sungai Ciliwung, Warga Berlan Was-was Ambles

Rabu, 14 Februari 2018 - 12:48 WIB
Jalan Retak di Pinggir...
Jalan Retak di Pinggir Sungai Ciliwung, Warga Berlan Was-was Ambles
A A A
JAKARTA - Warga Jalan Kesatrian X, RT 12 RW 03, Kelurahan Kebon Manggis, kawasan Berlan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, dibuat khawatir dengan keretakan jalan yang cukup parah. Jalan tersebut retak hingga sepanjang 100 meter. Akibatnya, jalan mulai miring ke arah Sungai Ciliwung yang berada di sebelah jalan.

Salah satu anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan RW 03 Kebon Manggis, Rudi Hartono, mengatakan, retakan tanah tersebut muncul bertepatan dengan saat banjir mulai melanda Jakarta awal pekan lalu. Di sebelah Barat retakan tersebut terdapat garis retakan tipis sepanjang sekitar 10 meter.

"Retakan besar ini muncul pas lagi banjir itu. Kalau retakan tipis yang ini, kemarin belum ada. Baru ini kayanya" kata Rudi.

Jalan Retak di Pinggir Sungai Ciliwung, Warga Berlan Was-was Ambles


Ia menduga retakan terjadi karena truk-truk pengangkut sampah dari Sungai Ciliwung lalu-lalang di jalan itu setiap kali mengambil sampah. Kegiatan tersebut sudah berjalan lebih dari dua tahun.

Warga yang tinggal di sepanjang jalan tersebut khawatir amblesan jalan semakin parah dan membuat bagian dari rumah mereka longsor. Selain jalan yang ambles, lanjut dia, terdapat rumah yang longsor, yakni di sisi Utara sungai di Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat, persisnya di seberang Jalan Kesatrian X. Bagian belakang sebuah rumah terpantau sudah runtuh.

"Jangan sampai warga kena longsor. Jadi menurut saya pembangunan turap ini harus segera dilakukan diteruskan, jangan sampai RW 02 saja tetapi sampai ke RW 03 sampai ke tempat kita ini ke kebon manggis," tuturnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0784 seconds (0.1#10.140)