Lewat Layar Tancap, Pengunjung Kota Tua Dapat Lihat Gerhana Bulan

Rabu, 31 Januari 2018 - 20:08 WIB
Lewat Layar Tancap, Pengunjung Kota Tua Dapat Lihat Gerhana Bulan
Lewat Layar Tancap, Pengunjung Kota Tua Dapat Lihat Gerhana Bulan
A A A
JAKARTA - Unit Pengelolah Kawasan (UPK) Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat menyiapkan satu layar besar ukuran 8x5 meter di area Taman Fatahillah. Hal ini untuk memudahkan masyarakat menyaksikan gerhana bulan total atau super blue blood moon.

Selain layar, petugas juga menyiapkan tiga teleskop dengan satu teleskop akan langsung ke layar lebar. Masyarakat bisa datang secara gratis dan menyaksikan pemandangan langka tersebut. “Sengaja dibikin pembatas agar masyarakat bisa menyaksijan dengan puas,” kata Kepala UPK Kota Tua, Norviadi S Husodo pada wartawan Rabu (31/1/2018).

Dalam pemantauan ini, UPK Kota Tua bekerja sama dengan komunitas Abu Yahya Observasi, persiapan sendiri dilakukan sejak pukul 14.00 WIB siang tadi.

Pantauan SINDOnews, kawasan Kota Tua kian ramai malam ini, sejumlah orang mulai dari anak muda dan para orang tua berdatangan ke tempat itu. Mereka masuk dan langsung berduduk lesehan di Taman Fatahillah.

Satu layar besar kemudian terpasang di teras depan Museum Fatahillah, di belakang layar itu terdapar dua teleskop besar berdiameter 7 cm. Sementara satu teleskop lainnya berada di sisi kiri menghadap gedung.

Sejak usai magrib, kondisi Kota Tua sengaja dipergelap. Lampu lampu taman dimatikan begitupun dengan lampu gedung yang menghadap ke arah Taman Fatahillah. Hal ini agar memudahkan masyarakat menonton.

Kapolsek Taman Sari, AKBP Erick Frendrizh mengatakan ada 60 petugas yang melakukan penjagaan di kawasan itu. Mereka ditempatkan di akses masuk jalan-jalan menuju Kota Tua. “Ada juga menjaga jalanan. Kami juga sebar petugas preman berjaga tindak kriminal,” tuturnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3923 seconds (0.1#10.140)