Tinjau Lokasi Banjir, Ini Kata Gubernur Anies Baswedan

Selasa, 12 Desember 2017 - 10:30 WIB
Tinjau Lokasi Banjir, Ini Kata Gubernur Anies Baswedan
Tinjau Lokasi Banjir, Ini Kata Gubernur Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan telah melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi yang terendam banjir. Orang nomor 1 di DKI Jakarta ini juga telah mengintruksikan jajarannya untuk selalu siaga dalam menanggapi timbulnya genangan.

"Hujan memang cukup lebat, dari pantauan di lapangan juga, kita semua menyaksikan secara umum jauh di atas rata-rata. Kemudian di beberapa tempat memang terjadi genangan tapi kita bersyukur bahwa genangan itu surut relatif cepat dan ada beberapa titik yang terjadi limpahan genangan seperti contoh di Dukuh Atas," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengatakan, Jakarta memiliki 145 rumah pompa, 152 pompa stasioner dan 150 pompa yang mobile atau bergerak.

"Nah kemarin yang tidak berfungsi itu yang di Dukuh Atas sehingga menimbulkan genangan, dua yang berfungsi sehingga perlu waktu satu jam yang seharusnya tidak terjadi. Nah kita akan koreksi," kata Anies.

Anies melanjutkan, di daerah Gatot Subroto dan Kuningan penyebab banjir disebabkan sebagian tali air terhambat proyek. Baik Light rail Transit (LRT) dan Underpass Mampang.

"Saya akan instruksikan pada semuanya untuk memastikan semua tali air itu berfungsi, tidak ada saluran-saluran air sama sekali yang terhambat. Apalagi di daerah-daerah jalan protokol, jadi dari kejadian kemarin, kita akan panggil semuanya, kita akan instruksikan untuk bersihkan semua saluran air yang menghambat," tuturnya.

Selain itu, Anies juga menjelaskan penanganan banjir yang terjadi di Jati Padang akibat tanggul jebol.

"Ada 23 orang yang mengungsi di musala yang ada lantai duanya dan mulai tadi malam langsung dikerjakan pukul 22.30 WIB. Tim dari SDA sudah hadir langsung bekerja untuk menambal dan pagi ini proses konstruksi dari tanggul itu dilakukan saya pantau terus ini tadi masuk," kata Anies.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7933 seconds (0.1#10.140)