Tidak Efektif, Larangan Sepeda Motor Harus Dicabut

Rabu, 08 November 2017 - 16:17 WIB
Tidak Efektif, Larangan Sepeda Motor Harus Dicabut
Tidak Efektif, Larangan Sepeda Motor Harus Dicabut
A A A
JAKARTA - Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mencabut larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat mendapat tanggapan positif. Salah satunya dari Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan.

‎"Ini sudah seharusnya dicabut karena enggak efektif. Ada aturan itu pun Thamrin macet kok sekarang. Kebijakan ‎(pelarangan sepeda motor) enggak ada gunanya, kalau pun mau perbaiki kebijakan transportasi masalnya," kata Tigor saat dihubungi SINDOnews, Rabu (8/11/2017).

Menurut Tigor, awal kebijakan pelarangan sepeda motor ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan di Jalan MH Thamrin. Namun pada kenyataannya kemacetan masih terjadi di jalan protokol itu.

‎"Dulu ditetapkan untuk mengurangi kemacetan ternyata enggak terbukti, memang kemacetan itu bukan hanya sepeda motor. Tapi mobil pribadi juga. Kalau mau dikendalikan jangan sepeda motor saja tapi juga mobil pribadi. Kalau mau diatur dikendalikan harus duanya (mobil dan motor) donk," ketusnya.

Meski begitu, Tigor bakal meminta Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi untuk fokus memperbaiki angkutan umum lainnya agar setelah itu Jalan Thamrin bebas dari kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

"Ke depan untuk kebijakan ini, larangan sepeda motor ini dicabut diganti sama kebijakan lain, yaitu perbaiki angkutan umumnya, kalau angkutan massal sudah baik baru kebijakan pengendalian motor dan mobil. Bila perlu Thamrin-Sudirman itu dilarang total dilewati kendaran pribadi," katanya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1807 seconds (11.252#12.26)