BMKG Ingatkan Musim Hujan Barat Memasuki Wilayah Jabodetabek

Rabu, 08 November 2017 - 06:39 WIB
BMKG Ingatkan Musim Hujan Barat Memasuki Wilayah Jabodetabek
BMKG Ingatkan Musim Hujan Barat Memasuki Wilayah Jabodetabek
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta agar seluruh jajaran pemda mewaspadai musim hujan barat di kawasan Jabodetabek. Sebab musim ini cenderung menyebabkan banjir, karena intensitas hujan meningkat.

"Sampai dengan Februari atau Maret, debit hujan akan tinggi. Jadi peningkatan air akan signifikan tak hanya di darat tapi di laut," tutur Kabag Humas BMKG Prabowo saat dihubungi KORAN SINDO, Rabu (8/11/2017).

Prabowo memaparkan hujan yang terjadi pada kemarin, merupakan sebagian kecil dari hujan yang terjadi nanti. Di Jabodetabek sendiri curah hujan pada berkisar dari puluhan milimeter perhari hingga nyaris 100 milimiter per hari.

"Puncak tertingginya mungkin di prediksi Januari-Februari yang mencapai kisar ratusan milimeter," tuturnya.

Di waktu itu pula, Prabowo mengatakan hujan yang turun bisa mencapai seharian penuh dengan disertai petir. Disusul dengan angin, ombak laut cenderung semakin tinggi dan mengancam transportasi laut.

Bila tak diwaspadai, ombak kemudian menyatu dengan air dari kali-kali dan membuat genangan terjadi. "Perlu dimonitoring debit air, agar pengelolaan air tak berbahaya bagi masyrakat," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5654 seconds (0.1#10.140)