Belasan Granat dan Amunisi Aktif Ditemukan di TPA Cipayung Depok

Jum'at, 20 Oktober 2017 - 23:59 WIB
Belasan Granat dan Amunisi Aktif Ditemukan di TPA Cipayung Depok
Belasan Granat dan Amunisi Aktif Ditemukan di TPA Cipayung Depok
A A A
DEPOK - Belasan granat ditemukan di lokasi Tempat Pembuangana Akhir (TPA) Cipayung, Depok. Belasan granat itu ditemukan bersama amunisi yang masih aktif.

Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Roni Wowor, mengatakan, granat dan amunisinya itu ditemukan seorang warga, Kamis (19/10/2017). Warga itu menemukan granat di dalam karung. Awalnya warga tadi tidak curiga karena diperkirakan hanya berisi sampah. Warga itu pun terkaget ketika membuka karung isinya granat. Ia langsung melaporkan temuannya ke polisi.

“Belasan granat itu ditemukan bersama amunisi yang masih aktif. Dalam karung itu terdapat delapan granat asap, 15 amunisi, dan enam buah peluru,” ujar Kompol Roni, Jumat (20/10/2017).

Pada tabung berwarna hijau tercatat tulisan buatan PT Pindad produksi tahun 2002 qq. Seluruh granat sudah diamankan di Polsek Pancoran Mas dan saat ini dalam proses penyelidikan. "Kami bersama anggota masih melakukan penyelidikan atas temuan barang tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi yang pertama kali menemukan," tandasnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gegana Brimob untuk memproses temuan granat itu lebih lanjut. "Granat ini biasa digunakan untuk latihan. Kami belum bisa menyimpulkan motifnya karena masih didalami," tukasnya.

Sementara itu, pengamat terorisme Al Chaidar menilai penemuan granat tidak ada hubungannya dengan aksi terorisme. Dia menduga granat itu milik militer yang sudah pensiun atau dipecat dari kesatuan. Teroris tidak mungkin membuang barang yang sangat berharga seperti granat. Kelompok teroris akan menjaga baik-baik bahan peledak tersebut.

"Yang jelas bukan milik teroris, terlebih itu produksi Pindad. Teroris tidak mungkin membuang barang paling berharga seperti granat itu. Bila perlu dia bersedia mati bersama granat tersebut," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7156 seconds (0.1#10.140)