Bendera Dilecehkan, LMP Gelar Demo di Kedubes Malaysia

Senin, 21 Agustus 2017 - 18:33 WIB
Bendera Dilecehkan, LMP Gelar Demo di Kedubes Malaysia
Bendera Dilecehkan, LMP Gelar Demo di Kedubes Malaysia
A A A
JAKARTA - Insiden bendera Indonesia terbalik di buku suvenir untuk acara pembukaan SEA Games XXIX Kuala Lumpur, Malaysia, membuat berang masyarakat di Tanah Air. Ratusan anggota Laskar Merah Putih (LMP) pun melakukan aksi unjuk rasa di Kedubes Malaysia Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Aksi unjuk rasa yang digelar pada Senin (21/8/2017) ini diikuti angota LMP dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Serang, Lampung, Jawa Timur.
Ketua Mada Laskar Merah Putih Jawa Barat Ukur Purba ST mengatakan, martabat bangsa Indonesia benar-benar telah diinjak oleh panitia SEA Games di Kuala Lumpur, Malaysia. Bendera Merah Putih menjadi simbol sakral bagi bangsa Indonesia telah dilecehkan.

"Panitia SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, membuat sebuah kesalahan fatal yang sangat menyakiti hati bangsa Indonesia," katanya di depan Kedubes Malaysia, Senin (21/8/2017). Ukur menambahkan, keluarga besar LMP Jabar melakukan aksi di Kedubes Malaysia sebagai bentuk keprihatinan dan menggalang solidaritas demi membela NKRI agar tidak diremehkan oleh bangsa lain.

"Kami adalah bangsa yang besar. Kami adalah bangsa yang berdaulat. Kami siap membela NKRI," ujarnya. LMP, lanjut dia, menjadi garda terdepan dalam membela kedaulatan negara Indonesia.

Aksi demo sempat berlangsung ricuh karena pihak Kedubes awalnya menolak menerima perwakilan LMP. Namun, setelah berlangsung negosiasi, pihak Kedubes akhirnya menerima perwakilan LMP.

Dalam kesempatan itu, pihak Kedubes sudah meminta maaf dan menyurati secara resmi pemerintah Indonesia. "Kami menuntut agar pemerintah Malaysia meminta maaf kepada rakyat Indonesia dan datang ke Indonesia dan bukan melalui press conference atau disampikan secara tertulis kepada pemerintah. Kami akan melakukan aksi lebih besar jika tuntutan kami tidak dipenuhi," jelasnya.

Aksi demonstrasi diakhiri dengan doa bersama dan mengheningkan cipta. Bendera merah putih yang ada di booklet SEA Games 2017 terbalik. Pada halaman 80 di booklet sekaligus suvenir itu, warna bendera Indonesia malah putih merah. Tak ayal, publik Tanah Air pun dibuat geram dengan kejadian tersebut.( Baca: Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games ke-29 di Malaysia )
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3571 seconds (0.1#10.140)