Kecelakaan Pesawat Banyak Terjadi Akibat Runway yang Buruk

Kamis, 17 Agustus 2017 - 02:17 WIB
Kecelakaan Pesawat Banyak...
Kecelakaan Pesawat Banyak Terjadi Akibat Runway yang Buruk
A A A
TANGERANG - Kecelakaan pesawat yang banyak terjadi di Indonesia ternyata banyak diakibatkan oleh runway yang buruk. Hal ini terungkap dalam seminar Asosiasi Pilot Garuda (APG) di Tangerang.

Seminar yang mengambil tema Fatigue Risk System Management dan Runway Safety itu, mengundang banyak stakeholder penerbangan, baik yang ada di Indonesia, Asia, dan negara-negara Eropa.

Exexutive Vice President Asia/Pacific Accredited Aircraft Accident Investigator Captain Ishtique Hossain mengatakan, runway safety merupakan kunci utama keselamatan pada bandara.

"Banyak kecelakaan pesawat di bandara, karena ada kelemahan di runway-nya. Salah satunya karena runway itu tidak layak sehingga butuh perbaikan," katanya, di Auditorium Garuda City Center (GCC), Tangerang, Rabu (16/8/2017).

Ditambahkan dia, peran aktif Asosiasi Pilot Garuda (APG) kepada Keselamatan penerbangan di Indonesia, sangat baik. Apalagi, APG merupakan perwakilan Indonesia di The International Federation of Air Line Pilots Associations (IFALPA).

"Selain itu perlu diketahui karena sebagian besar negara di Asia itu belum memiliki tim runway safety, termasuk di Indonesia sendiri," ungkap Ishtique Hossain.

Wakil Presiden APG Captain Leo Bagoes Perkasa menambahkan, tidak hanya Indonesia, negara-negara lain di dunia juga memiliki presentasi yang sama terhadap kecelakaan pesawat akibat runway.

"Selama kita memiliki traffic dan jadwal penerbangan pasti hasilnya sama soal keselamatan landasan itu," jelasnya.

Dilanjutkan dia, saat ini Indonesia memiliki perkembangan kearah yang lebih baik secara signifikan, karena sudah memiliki independent navigasi yang sudah memenuhi persyaratan ICAO.

Namun, pihaknya berharap, semua komponen penerbangan di Indoneaia bisa satu pemahaman tentang pentingnya keselamatan penerbangan di bandara, terutama dalam mengikuti teknologi.

"Dengan perkembangan teknologi yang ada, keselamatan penerbangan bisa diaplikasikan bagi dunia penerbangan di Indonesia. Sehingga, bisa terus lebih baik dan lebih terjaga keselamatannya," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)