Ruas Jalan di Bogor Ini Rusak Parah dan Gelap Gulita pada Malam Hari

Kamis, 06 Juli 2017 - 17:47 WIB
Ruas Jalan di Bogor Ini Rusak Parah dan Gelap Gulita pada Malam Hari
Ruas Jalan di Bogor Ini Rusak Parah dan Gelap Gulita pada Malam Hari
A A A
BOGOR - Warga dan pengendara yang melintasi Jalan Raya Tonjong-Bojonggede, dan Tonjong-Tajurhalang, Kabupaten Bogor, harus ekstra hati-hati karena kondisi ruas jalan tersebut yang rusak parah. Kerusakan jalan dipicu sistem drainase yang tidak berfungsi dan ditambah banyak kendaraan yang melintas melebihi tonase. Dampaknya, di ruas jalan ini kerap muncul kemacetan di siang hari dan berpotensi menyebabkan kecelakaan pada malam hari. Di ruas jalan tersebut juga minim lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sehingga rawan aksi kejahatan.

Menurut warga sekitar, kerusakan ruas jalan Raya Tonjong-Bojonggede dan Tonjong-Tajurhalang sudah lama dibiarkan. Saat ini kondisinya mirip kubangan kerbau. Warga semakin khawatir akan aksi kejahatan karena ruas jalan tersebut gelap gulita pada malam hari. "Dulu ada PJU tapi hanya sebagian. Saat ini nggak tahu kenapa hampir tidak ditemukan PJU di Jalan Tonjong," ujar Ayi Kusman,45, warga Desa Tonjong, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Kamis (6/7/2017).

Warga berharap Pemkab Bogor segera memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut dan menyediakan PJU agar pengendara terhindar dari kecelakaan dan aksi kejahatan. "Sudah dua tahun ini jalan tidak ada perhatian. Saya juga bingung ada apa dan kenapa pejabat Pemkab Bogor seperti tutup mata dengan kondisi infrastruktur di wilayah Bojonggede dan Tajurhalang ini," kata Ramlan,29, warga Tajurhalang.

Keluhan serupa diungkapkan Nurdin,48, sopir angkot asal Ciawi, Kabupaten Bogor. Ia mengaku kecewa atas minimnya perhatian dari Pemkab Bogor terhadap jalan alternatif di Pasir Muncang-Megamendung -Ciawi yang saat ini kondisinya rusak. "Kerusakan jalan ini sudah berlangsung lebih dari setahun dan sudah mengganggu aktivitas warga, khususnya kami para sopir angkot. Biaya operasional jadi lebih tinggi akibat sering mengganti spare part mobilnya," tukasnya.

Kepala Bidang Pemeliharaan Kebinamargaan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor, Herman Rusli, tak menampik adanya sejumlah ruas jalan yang rusak akibat penanganan yang tambal sulam. Ke depan ia ingin ruas jalan yang mudah rusak penanganannya tidak lagi dilakukan dengan cara tambal sulam, tapi dengan dibeton. "Jalan-jalan juga seharusnya dibarengi drainase pada sisi kanan dan kiri. Sebab air yang menggenangi jalan itu bisa membuat aspal mudah rusak," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Unit PJU Dinas PUPR Cibinong, Kabupaten Bogor, Gunawan, mengatakan, PJU di sekitar Tonjong hingga Bojong Gede sudah tersedia, namun saat ini memang banyak yang padam akibat rusak. "Saat libur Lebaran tidak ada petugas yang melakukan pengecekan. Biasanya, mati karena MCB ((Mini Circuit Breaker) yang turun," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7210 seconds (0.1#10.140)
pixels