Tuai Pro-Kontra, Rumah DP Nol Rupiah Bisa Dilakukan

Senin, 08 Mei 2017 - 07:00 WIB
Tuai Pro-Kontra, Rumah DP Nol Rupiah Bisa Dilakukan
Tuai Pro-Kontra, Rumah DP Nol Rupiah Bisa Dilakukan
A A A
JANJI Gubernur DKI terpilih Anies Baswesan dan Sandiago Uno memberikan kemudahan rakyat Jakarta untuk mempunyai rumah dengan fasilitas DP nol rupiah sangat ditunggu. Meski banyak pro-kontra, nyatanya program ini realistis bisa dilakukan.

Jika dilihat, program DP nol rupiah yang dimiliki oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, sangat lah realistis. Pasalnya, program perumahan yang ia miliki tidak jauh berbeda dengan yang program satu juta rumah yang diprogramkan oleh Presiden Jokowi. Dalam konsep pemerintah DP-nya 1%, dengan bunga 5% karena ada subsidi selisih bunga (SSB) dan PPN 0%. Sementara konsep rumah Anies-Sandi, yang berbeda hanya DP-nya itu jadi nol persen, sementara bunga sama 5%, dan PPN juga.

Menurut Anggota Dewan Pakar Tim Sukses Anies-Sandi, Adhamsaki Pangeran, program perumahan ini tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian perbankan. Program ini akan memberikan subsidi untuk DP kepada masyarakat yang bisa membuktikan layak menerima.

Sementara untuk sitem pembayaran seperti diketahui, skema program rumah dengan DP nol rupiah ini mengharuskan masyarakat Jakarta dapat menabung selama 6 bulan secara konsisten di Bank DKI, kemudian uang hasil tabungannya digunakan untuk uang muka. Namun sejauh ini Bank DKI enggan berkomentar mengenai sistem pembayaran ini. Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi tak mau berkomentar banyak.

Benarkah program DP nol rupiah ini benar-benar bisa dilaksanakan? Majalah SINDO Weekly Edisi 10/VI/2017 yang terbit Senin (8/4/2017) membahasnya secara lengkap.
Tuai Pro-Kontra, Rumah DP Nol Rupiah Bisa Dilakukan
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4819 seconds (0.1#10.140)