Rekayasa Lalu Lintas Terkait Peringatan Hari Buruh

Senin, 01 Mei 2017 - 09:31 WIB
Rekayasa Lalu Lintas Terkait Peringatan Hari Buruh
Rekayasa Lalu Lintas Terkait Peringatan Hari Buruh
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas dalam perayaan Hari Buruh. Kasubdit Bingakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, pengalihan arus dilakukan untuk kelancaran lalu lintas.

Menurutnya mereka sudah melakukan sejumlah rencana rekayasa pengalihan arus buruh yang datang dari luar Jakarta. Dia menerangkan, massa dari Bekasi akan diarahkan untuk melewati jalan tol arah Cempaka Putih-ke luar off ramp Cempaka Putih-Jalan Letjen Suprapto-Pasar Senin-Pejambon menuju titik aksi.

Sementara yang datang dari arah Tangerang/Banten, kata dia akan dilewatkan Tomang-Jalan Raya Biak-Harmoni-Jalan Juanda-Pasar Baru-Lapangan Banteng baru ke titik aksi. Terakhir, lanjut dia untuk massa yang dari arah Bogor/Sukabumi diarahkan ke Tegal Parang-Kuningan- Rasuna Said-Menteng-TuguTani-Merdeka Timur menuju titik aksi.

"Untuk menciptakan dan membangun keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas tetap terjaga dengan baik sehingga seluruh aktivitas masyarakat yang menggunakan ruang lalu lintas tetap lancar dan kondusif tanpa adanya hambatan yang berarti," ujar Budiyanto, Senin (1/5/2017).

Dia menambahkan, Polda Metro Jaya juga sudah menyiapkan titik parkir bagi massa untuk menjaga kendaraan para pengunjuk rasa. Menurutnya pengunjuk rasa bisa memarkirkan kendaraan di Gelora Bung Karno, Lapangan Banteng, Masjid Istiqlal, IRTI, dan PRJ Kemayoran.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari rute-rute tersebut. Dia menyarankan agar publik mencari jalur alternatif apabila berniat melewati rute aksi.

"Diimbau kepada masyarakat yang tidak ada kepentingan penting ke objek dimaksud ,dapat mencari dan menggunakan alternatif jalan lain, dan dapat memonitor lewat media, radio, RTC dan sebagainya," imbuhnya. (Baca: Hari Buruh, 2.300 Personel TNI dan Polri Makassar Dikerahkan)

Rute Pengalihan Arus di jalan sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Hayam Wuruk menuju jalan majapahit dialihkan ke kiri jalan juanda
2. Arus lalu lintas yang dari Jalan Lap Banteng menuju Jalan Veteran dialihkan ke kanan ke Jalan pos
3. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gunung Sahari menuju ke jalan dari Sutoyo diluruskan ke Jalan Senen Raya
4. Arus lalu lintas yang dari Jalan slSenen raya menuju Jalan Budi Utomo diluruskan ke Jalan Gunung Sahari
5. Arus lalu lintas yang dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju jalan Medan Merdeka Utara dialihkan menuju ke Jalan Perwira
6. Arus lalu lintas yang datang dari arah simpang lima Senen menuju RSPAD diluruskan ke jalan Senen Raya – Wahidin
7. Arus lalu lintas yang datang dari Cikini raya menuju M Ridwan Rais dialihkan ke kanan Jalan Kwitang Raya atau arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan kwitang diputar balikan kembali ke Jalan Kwitang Raya serta yang dari Jalan Kebon Sirih diluruskan ke Jalan Kwitang Raya
8. Arus lalu lintas yang dari arah Jalan Jend Sudirman menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon sirih atau Tanah Abang
9. Arus lalu lintas yang datang dari arah abdulmuis diluruskan ke Jalan Harmoni maupun fachrudin
10. Arus lalu lintas yang datang dari arah abdulmuis menuju jalan museum dilurukan ke jalan fachrudin begitu juga sebaliknya

Pengalihan arus dari Istana Negara ke DPR/MPR

1. Arus kendaraan yang datang dari arah s parman menuju jl. gatot subroto dialihkan ke kiri jl. ks. tubun atau ke kanan palmerah atau ke jalan pejompongan.
2. Arus kendaraan yang datang dari arah dari satrio menuju sudirman diluruskan ke fly over karet-kh mas manyur begitu pun arah sebaliknya.
3. Arus kendaraan dlm tol dari arah timur menuju ke barat yang mau keluar depan cakra di luruskan keluar dpn slipi jaya dan apabila masa sudah menguasai tol arus ll yang datang dari arah timur dikeluarkan di offrame cakra dialihkan ke arah Blok M maupun ke semanggi arah utara.
4. Arus kendaraan dalam tol dari arah barat menuju timur yang mau keluar off ramp senayan di luruskan keluar off ramp pancoran dan apabila masa sudah menguasai tol arus ll yang datang dari arah barat menuju ke timur dikeluarkan di offrame darmasis
5. Apabila massa sudah melewati lingkar semanggi menuju dpr/mpr maka arus ll yang datang dari arah senayan yang akan menuju Jalan Jenderal Gatot Subroto diluruskan ke Jalan Sudirman-Thamrin arah utara

Pengalihan arus di DPR/MPR

TL. Lapangan Tembak
- Kendaraan massa yang datang dari Jalan Asia Afrika diarahkan balik arah kembali ke Jalan Asia Afrika atau lurus ke arah Pospol Palmerah

FLY Over Senayan

- Kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke Jalan Gerbang Pemuda (tidak ada yang lurus menuju depan Gedung DPR/MPR )
- Kendaraan massa dari arah selatan (Jalan Gerbang Pemuda ) diarahkan lurus naik fly over menuju Semanggi atau balik arah melalui kolong fly over menuju TL.

Lapangan Tembak

Semanggi
- Kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke arah Bundaran Senayan ( tidak ada yang lurus ke arah barat )
- Kendaraan massa dari arah selatan diarahkan lurus kearah utara Bundaran HI
- Kendaraan massa dari arah utara diarahkan lurus ke arah Bundaran Senayan

Pospol Palmerah

- Kendaraan massa dari arah utara (dari Pejompongan/Manggala) diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.
TL. Pospol Pejompongan
- Kendaraan massa dari arah utara diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3222 seconds (0.1#10.140)