BNN Selidiki Asal Bahan Baku Pabrik Sabu di Cinere

Selasa, 11 April 2017 - 20:29 WIB
BNN Selidiki Asal Bahan...
BNN Selidiki Asal Bahan Baku Pabrik Sabu di Cinere
A A A
DEPOK - Badan Narkotika Nasional (BNN) masih menyelidiki asal bahan baku atau prekusor yag digunakan untuk memproduksi sabu di Cinere, Kota Depok. Pasalnya bahan baku yang digunakan pabrik sabu di Cinere ini sangat sulit didapat.

Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Arman Depari mengatakan, jaringan sabu ini dikontrol oleh dua pengelolanya yang merupakan narapidana.

"Mereka yang memberi instruksi dan mengoperasionalkan sehingga bisa diproduksi sabu dengan kualitas bagus," katanya di BNN Kota Depok, Selasa (11/4/2017).

Bahkan jaringan ini sengaja mendatangkan salah satu tersangkanya dari luar Jawa.

"Dia sebagai kokinya yang bertugas memasak menjadi barang jadi. Salah satu tersangka ini adalah adik ipar dari narapidana yang ada di Cipinang. Mereka berkomunikasi via telpon dan besuk," katanya.

Saat digerebek semalam, para tersangka ini kedapatan sedang memproduksi sabu. Dari kuantitas,jaringan ini memang belum banyak memproduksi. Namun secara kualitas, sabu yang dihasilkan adalah barang jadi dengan hasil bagus.

Dalam sekali produksi mereka memerlukan waktu 54 jam. Dan bahan baku yang mereka dapatkan termasuk bahan yang sulit didapat. "Kita masih periksa darimana mereka mendapatkan prekusor ini," katanya.

Pihaknya menyita sejumlah barang bukti berupa cairan bahan baku, alat lainnya serta satu unit airsoft gun. Senjata ini mereka persiapkan sebagai upaya perlawanan jika dalam kondisi terancam.

Mereka akan dijerat dengan hukuman maksimal yaitu hukuman mati. "Walaupun yang didapat adalah bahan baku namun ancamannya sama dengan barang yang dihasilkan," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6201 seconds (0.1#10.140)