Pramuka Miliki Peran dalam Ketahanan Nasional

Sabtu, 25 Maret 2017 - 22:27 WIB
Pramuka Miliki Peran dalam Ketahanan Nasional
Pramuka Miliki Peran dalam Ketahanan Nasional
A A A
JAKARTA - Sikap patriotik yang dilakukan oleh anggota pramuka menunjukan pramuka memiliki peran dalam ketahanan nasional. Sebab itu, pembinaan terhadap pramuka harus dilakukan secara terus menerus, berkesinambungan, dan terpantau.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dandim 0503 Jakarta Barat, Letkol Inf Wahyu Yudhayana saat mendampingi pengukuhan dan pelantikan Karya Wira Kartika atau Satuan Karya Pramuka (Saka) masa bakti 2017-2022 di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Petamburan, Jakarta Barat. Pengukuhan dilakukan Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi.

Wahyu Yudhayana mengatakan, anggota pramuka harus tetap termotivasi dalam melaksanakan kegiatan nyata dan produktif. Dengan memberi bekal bagi kehidupan, tak ubahnya memberi pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara.

"Ini seperti memberi aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam peningkatan ketahanan nasional," kata Wahyu, Jumat, 24 Maret 2017 kemarin.

Menurut Wahyu, pembentuk ini memiliki sasaran utama yakni, memiliki kegiatan kewiraan serta bekal pengetahuan dan keterampilan khusus. Sehingga peserta dapat terdidik memiliki bekal negara dalam berbangsa negara.

Dengan memiliki pengalaman tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Wahyu berharap pengalaman itu dapat ditularkan untuk pengembangan bakat bagai masyarakat lainnya. "Kepada adik-adik Wira Kartika (Pramuka) yang hadir jaga korps satuan. Teruslah berlatih dan membina diri kalian di wilayah masing masing sendiri," ujarnya.

Wahyu optimistis, setelah pelantikan para pengurus dapat mengemban tugas sesuai dengan tupoksi masing masing. Dia pun mengajak majelis pembimbing menjadikan momen ini sebagai langkah awal mensinergikan kebersamaan.

Sehingga pengurus yang dilantik dapat membuktikan hasil kerja nyata dan tangung jawab masing masing. Wahyu menambahkan, para pamong dan instruktur saka (Danramil) yang nantinya akan menjadi garda terdepan, dapat memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang kewirakartikaan.
"Saya menitipkan betul adik-adik penegak di koramil masing masing agar terbina rasa tertib rasa aman dan nyaman sebagai bagian anggota masyarakat yang terintegrasi sebagai anggota pramuka," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5536 seconds (0.1#10.140)