BPBD: 6.480 Jiwa Terdampak Banjir di Bekasi

Jum'at, 24 Februari 2017 - 15:54 WIB
BPBD: 6.480 Jiwa Terdampak Banjir di Bekasi
BPBD: 6.480 Jiwa Terdampak Banjir di Bekasi
A A A
BEKASI - Tim relawan BPBD Kabupaten Bekasi mendata jumlah warga yang wilayahnya masih tergenang banjir di Desa Hurip Jaya, Babelan, Kabupaten Bekasi mencapai 6.480 jiwa. Sepekan ini, masih dua desa di Bekasi yang terendam banjir.

Kepala Bagian Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Bekasi, Heri Herlangga mengatakan, ada dua desa yang terdampak banjir, sejak satu pekan terakhir ini. Namun sejauh ini baru satu desa saja di Desa Hurip Jaya yang berhasil di data.

"Jumlahnya cukup banyak untuk di satu desa saja, total jumlah korbannya, mencapai 6.480 jiwa dari tiga dusun yang ada di wilayah tersebut. Ini belum termasuk desa Muara Bakti," kata Heri, Jumat (24/2/2017).

Menurut Heri, terkait total korban jiwa di desa Muara Bakti, dia mengakui sampai saat ini masih terus dalam proses pendataan oleh tim relawan BPBD dilokasi. "Jumlah realnya kami belum dapat, tapi kami pastikan jumlahnya ribuan juga," jelas Heri.

Selanjutnya, diakui Heri, untuk total keseluruhan jumlah korban jiwa di dua lokasi ini, sampai saat ini kondisinya masih terendam banjir setinggi 30 cm atau dibawah lutut orang dewasa. "Masih banjir, kami belum bisa prediksi sampai kapan surutnya," ujar Heri.

Adapun dari kondisi banjir di dua desa ini, Heri mengaku, jika pihaknya telah mendistribusikan bantuan kepada warga setempat sesuai kebutuhannya seperti, air bersih, makanan, dan sjumlah keperluan lainnya.

"Untuk logistik kami telah salurkan, entah langsung ke warga, ataupun melalui pihak kecamatan," kata Heri.

Selain itu juga, diakui Heri, pihaknya sejak awal musibah banjir terjadi di wilayah itu, pihaknya telah mendirikan satu buah posko pengungsian untuk warga. Namun sayangnya, tidak dimanfaatkan oleh warga sekitar.

"Kita bangun posko banjir juga disana kok, tapi tidak dipakai karena memang warga memilih tetap tinggal di rumahnya sebab, banjir yang terjadi tidak sampai menenggelamkan rumah mereka, meski ketingan air sempat mencapai 1 meter pasca meluapnya kali Bekasi," kata Heri.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7657 seconds (0.1#10.140)