Pengungsi Rawa Buaya Mulai Diserang Penyakit

Rabu, 22 Februari 2017 - 18:31 WIB
Pengungsi Rawa Buaya Mulai Diserang Penyakit
Pengungsi Rawa Buaya Mulai Diserang Penyakit
A A A
JAKARTA - Ratusan pengungsi di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, mulasi diserbu penyakit gatal dan demam. Mereka mengeluhkan setelah hampir dua hari berada di lokasi pengungsian di pos RW01, Rawa Buaya, Jakarta Barat.

dr Anita Ongkowidjojo mengatakan, ‎hingga pukul 16.00 WIB, sudah 72 orang dewasa yang melakukan pengecekan kesehatan sejak dibuka pukul 09.00 WIB pagi tadi. Sementara untuk balita, pengecekan sudah dilakukan ke 14 anak, dan ibu hamil hanya seorang.

"Rata mereka mengeluhkan dengan penyakit gatal dan demam," ucap dr Anita, dokter dari Puskesmas Rawa Buaya, di lokasi pengungsian, Rabu (22/2/2017).

Puskesmas Rawa Buaya sejak kemarin sudah membuka posko kesehatan di kawasan ini. Dari pembukaan itu sudah ratusan orang melakukan pengecekan kesehatan.

Untuk melayani kesehatan korban pengungsian. 30 macam jenis obat di persiapkan untuk membantu masyarakat, obat terdiri dari berbagai macam, seperti paracetamol dan amoxilin maupun lainnya.

dr Anita menilai wajar gatal dan demam menyerang para pengungsi. Sebab, selain intensitas mereka terkena air cukup sering, lokasi pengungsian yang tidak tertutup membuat penyakit mudah datang. Selain itu, dengan kondisi yang tidak stabil, daya tahan tubuh menurun.

Meskipun ratusan pengungsi sudah terkena penyakit gatal dan demam, namun dr Anita meyakinkan penyakit tersebut belum tergolong parah. Sebab, biasaya penyakit pada pengungsi banjir bisa terkena diare, kutu air, malaria, maupun‎ leptospirosis‎ (kencing tikus).

Beberapa penyakit itu tergolong rawan, lantaran masuk dalam sela pori-pori kulit. Bila terkena, maka tubuh akan sakit parah. "Ini yang menjadi rentan. Biasanya di atas tiga hari di pengungsian," tutur dr Anita.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6448 seconds (0.1#10.140)