Kali Sunter Meluap, Permukiman Warga Tergenang hingga 1,5 Meter

Minggu, 19 Februari 2017 - 19:58 WIB
Kali Sunter Meluap, Permukiman Warga Tergenang hingga 1,5 Meter
Kali Sunter Meluap, Permukiman Warga Tergenang hingga 1,5 Meter
A A A
JAKARTA -
Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, Kali Sunter di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, tak sanggup lagi menampung debit air yang terus bertambah. Akibatnya, permukaan air naik dan membanjiri permukiman warga yang posisinya berdekatan dengan Kali Sunter.

Pantauan SINDOnews, puluhan warga berusaha menyelamatkan barang-barangnya dari genangan air sungai yang meluap dan memasuki rumahnya. Tinggi luapan air hingga mencapai 1,5 meter, menjadi kendala tersendiri bagi sejumlah warga yang ingin menyelamatkan barang pribadinya."Kalau hujan besar, sering meluap dan warga menjadi korban," terang Muhaimin (45) salah satu warga setempat.

Menurut Muhaimin, jika air sungai meluap, genangan air di depan rumah warga umumnya lebih dalam karena posisi yang lebih rendah. Dengan ketinggian banjir ini, kendaraan sama sekali tidak bisa melintas.

Sebagian warga sudah mengungsikan kendaraan roda duanya ke tempat yang lebih aman. Tim SAR yang menggunakan perahu karet dilaporkan sudah menyusuri permukiman setempat untuk mencari warga yang mau dievakuasi.

Umumnya warga yang mempunyai rumah bertingkat dua memilih bertahan di lantai atas rumahnya. Sedangkan yang rumahnya tidak bertingkat memilih mengungsi ke Kelurahan Cipinang Melayu.

Muhaimin menambahkan, air Kali Sunter mulai membanjiri permukiman warga sejak pukul 10.00 WIB. Namun, dirinya mengaku sudah terbiasa menghadapi kondisi banjir seperti ini. Bahkan, dia dan keluarganya tidak perlu mengungsi karena mempunyai rumah dua lantai. "Yang lain pada ngungsi di kelurahan," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9158 seconds (0.1#10.140)