Sinergi Antar Instansi, Lapas Cibinong Ingin Napi Mandiri

Kamis, 09 Februari 2017 - 07:09 WIB
Sinergi Antar Instansi, Lapas Cibinong Ingin Napi Mandiri
Sinergi Antar Instansi, Lapas Cibinong Ingin Napi Mandiri
A A A
JAKARTA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cibinong, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Bogor untuk peternakan sapi di dalam Lapas. Hal itu sebagai salah satu cara untuk mensukseskan program pemerintah.

Kepala Lapas Kelas IIA Cibinong, Anak Agung Gde Krisna menjelaskan, sinergi ini untuk mengajarkan agar para narapidana (napi) mempunyai ilmu dalam menernakkan sapi. Jadi, napi mempunyai keterampilan baru yang akan dimilikinya.

"Lapas Cibinong kan enggak punya ilmu (peternakan). Makanya kami (Lapas Cibinong) kerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Bogor," kata Agung kepada SINDOnews, Rabu 8 Februari 2017.

Agung menambahkan, napi diberikan keterampilan dalam mengurusi sapi. Setelah mendapatkan pembekalan itu, kata dia, para napi langsung mempraktikannya di kandang sapi yang sudah ada.

"Ada 144 sapi yang sudah kami siapkan untuk napi agar lebih mandiri. Jadi, setelah keluar, mereka mempunyai keterampilan peternakan sapi," kata mantan Karutan Batam ini.

Sinergi Antar Instansi, Lapas Cibinong Ingin Napi Mandiri


Agung juga mengatakan, di Bogor peternakan sapi cukup banyak untuk bisa menampung napi yang sudah bebas. "Untuk menyiapkan kembali, agar mereka (napi) bisa diterima di masyarakat," harapnya.

Selain itu, dia mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk bisa mempekerjakan napi yang telah bebas. Karena, sambungnya, saat ini napi masih dipandang sebelah mata. Padahal, tambahnya, napi masih bisa dibina untuk ke hal yang positif.

"Kita juga bekerja sama dengan dinas sosial untuk menampung sementara napi yang belum dapat pekerjaan. Pihak swasta juga agar mau mempekerjakan napi. Karena, di Bogor ini banyak peternakan sapi," tambah Agung.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6519 seconds (0.1#10.140)