Kapal Zahro Express Terbakar, DPR Akan Panggil Pihak Terkait

Selasa, 03 Januari 2017 - 11:13 WIB
Kapal Zahro Express...
Kapal Zahro Express Terbakar, DPR Akan Panggil Pihak Terkait
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta otoritas pelabuhan memperketat pengawasan pascainsiden kebakaran KM Zahro Express di perairan Kepulauan Seribu yang memakan puluhan korban jiwa.

Taufik mengaku geram saat mendapati daftar manifest KM Zahro Expres ternyata abal-abal alias palsu. Dari data yang diperoleh Taufik, ada 100 penumpang yang tercatat dalam daftar manifest, sementara ada 180 penumpang di kapal tersebut.

"Meski belum overload, tapi ini bentuk pelanggaran berat dan sudah melanggar SOP," kata Taufik saat dihubungi wartawan, Selasa (3/1/2016).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mensinyalir adanya pemainan sejumlah pihak terkait daftar manifest palsu KM Zahro Express. Karena, kata Taufik, oknum di kapal bisa mendapatkan pemasukan lebih dari penumpang yang digelapkan.

Sementara di sisi lain, penumpang gelap tidak mendapatkan haknya, seperti asuransi. "Dari situ saja sudah merugikan hak penumpang," ucap Taufik.

Menurut Taufik, kecelakaan kapal akibat pelanggaran SOP kerap terjadi di Indonesia. Dia pun meminta pengawasan pelabuhan ditegakkan. DPR, kata Taufik, juga akan memanggil sejumlah pihak terkait untuk meminta audit menyeluruh penyebab insiden KM Zahro Expres.

"Sebagai pimpinan DPR, kita dalam hal ini Komisi V akan segera memanggil pihak-pihak terkait dalam insiden ini, untuk mencari solusi agar kejadian pilu ini tidak terulang kembali," ucap Taufik.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)