ACTA Akan Kawal Aksi Unjuk Rasa 4 November

Selasa, 01 November 2016 - 16:42 WIB
ACTA Akan Kawal Aksi Unjuk Rasa 4 November
ACTA Akan Kawal Aksi Unjuk Rasa 4 November
A A A
JAKARTA - Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) akan mengawal aksi unjuk rasa yang akan digelar pada Jumat 4 November 2016. Aksi itu menuntut agar kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Cagub Petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera dituntaskan.

"ACTA juga akan mengawal aksi damai tersebut agar tidak terjadi kriminalisasi terhadap peserta aksi yang tidak melakukan pelanggaran hukum. Kami juga akan membantu mengkondisikan agar aksi tersebut benar-benar aman, tertib, serta tidak merusak," kata Sekjen ACTA Jamaal Yamani di Kantor ACTA, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/11/2016).

Sebagai pihak yang melaporkan Ahok ke Bareskrim Polri, kata Jamaal, ACTA berkepentingan agar kasus tersebut bisa diusut sampai tuntas. "Pokoknya Ahok harus mempertanggungjawabkan perbuatannya," tegas Jamaal.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) KH Muhammad Nova mengatakan, masyarakat DKI Jakarta sudah pintar dalam memfilter informasi. Menurut dia, tidak perlu harus ada kecurigaan dan mempersoalkan kepemimpinan DKI Jakarta yang ditarik-tarik dengan agama. "Orang sudah salah dan minta maaf. Muhammadiyah dan Din Syamsuddin saja sudah memaafkan," katanya.

Dia mengakui, kasus penistaan agama bisa memecah bela masyarakat. Namun di sisi lain, dia mengaku bersyukur, karena masih ada Pancasila. "Kami bersyukur masih ada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang hingga sekarang bisa menjadi pemersatu adanya perbedaan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6040 seconds (0.1#10.140)