Boy Rafli: Sultan Pernah Dilaporkan ke BNPT

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 19:01 WIB
Boy Rafli: Sultan Pernah Dilaporkan ke BNPT
Boy Rafli: Sultan Pernah Dilaporkan ke BNPT
A A A
JAKARTA - Sultan Aziansyah pelaku penyerangan di Pospol Lalu Lintas Tangerang pernah dilaporkan pihak keluarga ke Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, Sultan diduga memiliki hubungan dengan faham radikalisme yang dipimpin oleh Jamaah Anshoru Daulah (JAD), Aman Abdurahman alias Oman. "Kakaknya sudah berupaya melaporkan ke BNPT. Laporannya sudah dua bulan lalu," kata Boy Rafli di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Boy menjelaskan, sebelum kedua kakaknya melaporkan Sultan sempat diberikan beberapa materi soal Islam yang baik untuk meluruskan pemahamannya tentang Islam yang dirasa sudah tidak benar.

"Jadi banyak upaya untuk menyadarkan Sultan," jelasnya. Sebelumnya, Sultan sempat terdeteksi pernah melakukan kunjungan ke Lapas Nusakambangan bersama pimpinan Pondok Pesantren Ansoruallah, Fauzan Al Amsori pada Juni 2015 lalu.

Dari kunjungan itu dapat disimpulkan kalau Sultan sudah terpapar dan bergabung dalam kelompok radikal JAD pimpinan Aman Abdurahman. "Jadi cukup terkonfirmasi bahwa Sultan Aziansyah adalah bagian dari jaringan sel-sel Oman Abdurrahman yang terekrut," ujar Boy Rafli.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7777 seconds (0.1#10.140)