Ini Tahapan Perobohan Gedung 21 Lantai di Bintaro

Kamis, 29 September 2016 - 00:07 WIB
Ini Tahapan Perobohan Gedung 21 Lantai di Bintaro
Ini Tahapan Perobohan Gedung 21 Lantai di Bintaro
A A A
TANGERANG - Ada beberapa tahapan yang akan dilakukan kontraktor dalam merobohkan bangunan gedung 21 lantai di Bintaro, Tangerang Selatan. Kendati begitu, kontraktor tidak akan menggunakan bahan peledak untuk robohkan bangunan milik Panin Bank tersebut.

Metode pembongkaran yang akan dilakukan oleh PT Wahana Infonusa selaku kontraktor pelaksana pembongkaran gedung Panin Bank melalui Ari Yudhanto menjelaskan akan menggunakan cara kombinasi. Kombinasi dilakukan antara penggunaan crane yang ada wrecking ball-nya dengan pelemahan struktur pada bagian balok plat lantai.

“Pengeboran beton, pemberian chemical khusus, serta pemasangan sling baja untuk menarik dan mengontrol arah jatuhnya material," kata Ari kepada wartawan, Rabu (28/9/2016).

Wrecking ball pada crane yang digunakan saat pembongkaran tidak semata-mata langsung menghantam bangunan hingga roboh. Pihak kontraktor harus melemahkan bagian bangunan dengan metode dan cairan kimia, baru kemudian dirobohkan dengan wrecking ball.

Ari menjelaskan, tahapan itu sudah disepakati dengan Pemkot Tangsel. Dan, untuk tidak menggunakan peledak dalam membongkar gedung. Penggunaan peledak seperti beberapa pembongkaran di luar negeri dianggap memiliki dampak yang lebih berbahaya terhadap lingkungan sekitar.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6608 seconds (0.1#10.140)