Masjid Istiqlal Sebar Daging Kurban ke Masjid di Jakarta

Senin, 12 September 2016 - 12:21 WIB
Masjid Istiqlal Sebar Daging Kurban ke Masjid di Jakarta
Masjid Istiqlal Sebar Daging Kurban ke Masjid di Jakarta
A A A
JAKARTA - Panitia kurban Masjid Istiqlal tidak membagikan kupon untuk penyaluran daging kurban. Ini dilakukan sejak tiga tahun lalu untuk mengantisipasi adanya kericuhan.

Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam menjelaskan, sejak tiga tahun yang lalu hingga kini tidak ada kupon yang dibagikan oleh panitia hewan kurban. Pembagian kupon sengaja ditiadakan agar tak ada lagi kericuhan.

"Itu dulu (pembagian kupon) 3 tahun lalu, sering menimbulkan keonaran, enggak bagus seperti itu, jadi sekarang lebih terhormat enggak ada antrean malah diantar," kata Abu saat dihubungi Sindonews, Senin (12/9/2016).

Abu mengatakan, hewan kurban yang sudah disembelih di Masjid Istiqlal akan dipotong dalam ukuran besar dan kemudian akan didistribusikan ke masjid, musala, rumah yatim maupun lembaga sosial.
"Jadi masjid atau mushala sebelumnya memasukkan data ke kami, terus kami survei apakah berhak mendapat daging dari Istiqlal dan bekerja sama dengan kelurahan, RT, RW. Prioritaskan dengan dekat dan bertetangga dengan Istiqlal," ujarnya.

Ditanya berapa jumlah tempat yang akan disebar daging kurban, Abu mengaku masih menunggu hasil terakhir hewan kurban yang didapat di Masjid Istiqlal. Namun jika menengok pada tahun lalu, sekira 6.000 jiwa mendapat daging hewan kurban.

"Kami sesuaikan dengan daging kurban yang ada sekarang. Berapapun itu semua disebar. Tahun lalu bisa sampai 6.000 jiwa disebar, kami keluarkan 6.000 kantong, 1 kantong 1 kilogram. Tahun ini hewannya agak kurang mungkin sekitar 3.000-4.000 jiwa," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5269 seconds (0.1#10.140)