Ini Penyebab Kemang Kerap Dilanda Banjir

Kamis, 08 September 2016 - 17:21 WIB
Ini Penyebab Kemang Kerap Dilanda Banjir
Ini Penyebab Kemang Kerap Dilanda Banjir
A A A
JAKARTA - Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan Holi Susanto mengatakan, banjir yang terjadi di Kemang Raya, Jakarta Selatan saat hujan lantaran saluran air di wilayah itu kerap tertutup sampah. Akibatnya, drainase itu tak bisa menampung debit air hingga membuat Kemang direndam banjir.

"Ini penyakitnya baru ditemukan. Penyebab Kemang selalu tergenang padahal tali air banyak dan lebar, ternyata itu saluran airnya yang menuju kolam olakan pompa tersendat," kata Holi di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Di dalam saluran air tersebut, kata dia, ditemukan saringan sampah yang membuat air di saluran air terbendung sehingga pompa air pun tak bisa berjalan secara maksimal. Dia pun sudah mengerahkan petugas untuk mengangkut saringan sampah yang ada di saluran air tersebut.

"Semoga setelah saringan filter ini diangkat air cepat lari ke kolam pompa sehingga cepat disedot airnya saat hujan turun itu," katanya. (Baca: Diguyur Hujan, Kemang Kembali Digenangi Air)

Akibat adanya saringan sampah, kata dia, sampah juga tampak menumpuk di area seputaran saringan. Air pun menjadi terhambat dan menyebabkan genangan di Jalan Kemang Raya.

Sejalan dengan Holi, Kepala Seksi Pemeliharaan Sistem Pengendali Banjir, Dinas Tata Air DKI Jakarta Yudo Widiatmoko mengatakan, sumber genangan air yang kerap terjadi di Kemang Raya itu terjadi akibat saluran air di bawah Jalan Kemang Raya ditutup lahan oleh pemiliknya.

"Penyebabnya drainase banyak yang ditutup dan tertutup sampah, sehingga air tak dapat turun ke gorong-gorong. Pompa kami bagus, bak penampungan kosong karena airnya tak masuk ke penampungan," jelasnya.

Maka itu, tambah Yudo, puluhan petugas dikerahkan untuk membersihkan pintu air dan saluran air yang tersumbat sampah tersebut.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7259 seconds (0.1#10.140)