Atasi Banjir Kemang, Pemkot Jaksel Akan Bangun Waduk

Minggu, 28 Agustus 2016 - 17:24 WIB
Atasi Banjir Kemang, Pemkot Jaksel Akan Bangun Waduk
Atasi Banjir Kemang, Pemkot Jaksel Akan Bangun Waduk
A A A
JAKARTA - Untuk mengatasi banjir di kawasan Kemang, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) berencana membangun daerah tangkapan air atau waduk. Lahan yang akan digunakan untuk pembuatan waduk rencananya akan menggunakan milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Kepala Bidang Aliran Sungai dan Pantai Sistem Aliran Tengah Dinas Tata Air DKI Jakarta Robert Rajaguguk mengatakan, pada banjir kemarin sebenarnya intensitas hujan tidak terlalu deras.

"Kemarin kali Krukut pun baru pada siaga 4. Namun, banjir yang menerjang kawasan Kemang Raya terjadi ada tembok pembatas kali itu jebol," terangnya kepada wartawan, Minggu (28/8/2016).

Menurutnya, Dinas Tata Air DKI Jakarta akan mengajukan ke Gubernur DKI untuk membuat embung di Jalan Kemang Selatan 12. Pasalnya, tanah milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta tidak digunakan di sana, ditambah lagi kawasan tersebut kerap dilanda banjir.

"Itu juga kalau pak Gubernur setuju. Kita mau buat embung disana," ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan menerangkan, aset tersebut berada di Jalan MSDB Kemang Selatan dan Jalan Margasatwa, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Dua tempat itulah yang akan dijadikan sebagai waduk untuk mengurangi dampak banjir di Pinang Kali Jati dan Kali Krukut.

"Dinas Tata Air akan memetakan titik pekerjaan dengan zonasi dan akan diserahkan ke Walikota. Kami (Kadis Tata Air dan Walikota) akan melapor Senin besok ke Gubernur untuk pembuatan waduk tersebut," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7161 seconds (0.1#10.140)