Puluhan Hacker Serang Situs PPDB Online DKI Jakarta

Kamis, 16 Juni 2016 - 16:43 WIB
Puluhan Hacker Serang Situs PPDB Online DKI Jakarta
Puluhan Hacker Serang Situs PPDB Online DKI Jakarta
A A A
JAKARTA - Situs pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online DKI Jakarta diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Akibatnya, situs ini pun sejak kemarin sempat down dan tak bisa diakes oleh calon siswa yang ingin mendaftar ke SMA/SMK Negeri di Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Sopan Adriyanto menjelaskan, situs ppdbdki.org pada Rabu, 15 Juni 2016 kemarin sempat down. Oleh tim teknisi pun segera diperbaiki dan sempat aktif kembali.

Sayangnya, lanjut Sopan, pada Kamis (16/6/2016) situs kembali drop."Penyebab down-nya situs ini karena server drop akibat lalu lintas terlalu padat. Selain itu juga karena ada serangan hacker, sampai puluhan hacker," kata Sopan saat dihubungi wartawan, Kamis (16/6/2016).

Sopan menuturkan, sudah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Kehumasan (Kominfomas) Provinsi DKI Jakarta untuk dapat memberikan cadangan server. "Kami sudah diskusikan dengan tim IT, dan koordinasi dengan Dinas Kominfomas untuk mem-backup-nya," ujarnya.

Perlu diketahui, pendaftaran online rencananya dibuka pada 15-16 Juni untuk tingkat SMA sederajat. Karena mengalami kendala pada server maka pendaftaran akan diperpanjang dua hari kedepan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5832 seconds (0.1#10.140)