Sidak Pasar, BBPOM Temukan Takjil Berformalin di Gandaria

Selasa, 14 Juni 2016 - 09:38 WIB
Sidak Pasar, BBPOM Temukan Takjil Berformalin di Gandaria
Sidak Pasar, BBPOM Temukan Takjil Berformalin di Gandaria
A A A
JAKARTA - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DKI Jakarta melakukan sidak di tempat penjualan takjil Pasar Gandaria, Masjid Podok Indah, dan Pasar Tebet Barat. Hasilnya, BBPOM menemukan makanan untuk takjil yang mengandung formalin.

Kepala BBPOM DKI Jakarta Dewi Prawitasari mengatakan, BBPOM menggelar sidak pada Senin 13 Juni 2016 sore. Hasilnya, di Pasar Tebet Barat Jakarta Selatan, terdapat dua pedagang cendol yang kedapatan menjual cendolnya menggunakan pengawet kertas dan tekstil.

"Ditemukan zat untuk kertas dan tekstil, jika dikonsumsi terus bisa menimbukan kanker. Akhirnya, cendolnya dimusnahkan dan kami sampaikan untuk tidak lagi memakai pewarna zat itu," pinta Dewi saat dikonfirmasi, Selasa (14/6/2016).

Menurutnya, selain di Pasar Tebet, BBPOM juga menggelar sidak di Masjid Pondok Indah dan Pasar Gandaria. Di dua tempat itu, pihaknya mengambil sampel 36 jenis macam makanan. Dari sampel itu tahu Malang diketahui mengandung formalin.

"Pedagang yang kedapatan jualannya terdapat zat formalin kami minta pada mereka untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Jika masih seperti itu, pihak berwenang yang akan mengurusnya," kata Dewi.

Dewi menambahkan, bulan Ramadhan dari tahun ke tahun biasanya memang kerap ditemukan pedagang takjil yang jualannya mengandung zat berbahaya. Baik itu pedagang lama maupun pedagang baru. Saat perut kosong karena puasa, risiko yang disebabkan oleh zat berbahaya pada makanan atau jajanan akan lebih tinggi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7892 seconds (0.1#10.140)