BNN Temukan Dua Narkoba Jenis Baru

Jum'at, 27 Mei 2016 - 10:38 WIB
BNN Temukan Dua Narkoba...
BNN Temukan Dua Narkoba Jenis Baru
A A A
JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan dua narkoba jenis baru. Narkotika yang berhasil ditemukan itu dinamakan ADB-Fubinaca dan ADB-Chminaca.

Kepala Humas BNN Kombes Pol Slamet Pribadi mengatakan, kedua narkoba tersebut merupakan turunan dari daun mariyuana. Hanya saja, keduanya merupakan hasil campuran dengan zat kimia.

"Pemeriksaan balai laboratorium BNN, diketahui zatnya itu merupakan narkotika jenis cannabinoids synthetic," ujarnya pada wartawan, Jumat (27/5/2016).

Menurutnya, efek yang timbul apabila mengkonsumsi Fubinaca itu membuat lambatnya respon pada saraf otak. Jika dikonsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan kematian.

Slamet menambahkan, sejauh ini sudah ada 43 narkoba jenis baru, namun hanya 18 yang telah diregulasi dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 13 Tahun 2014. Sisanya, BNN tengah mengusahakan agar bisa djregulasi pula pada tahun ini.

"Efek samping yang pernah dilaporkan dari zat ADB-Fubinaca itu kematian karena aterial thrombosis. Sedang ADB-Chminaca, dilaporkan adanya sejumlah kematian," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)