Hari Buruh, Car Free Day Tetap Diberlakukan

Jum'at, 29 April 2016 - 13:27 WIB
Hari Buruh, Car Free Day Tetap Diberlakukan
Hari Buruh, Car Free Day Tetap Diberlakukan
A A A
JAKARTA - Hari buruh yang jatuh pada Minggu 1 Mei 2016 bertepatan dengan pelaksanaan car free day. Polisi sendiri memastikan acara car free day tetap berlangsung pas may day nanti.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Nandang Jumantara mengatakan, ada 16 ribu petugas gabungan yang akan mengawal aksi buruh nanti.

Menurutnya, selain mengamankan demo buruh tersebut, polisi juga akan tetap melakukan pengamanan dan memberlakukan Car Free Day Sudirman-Thamrin di hari Minggu itu sejak pukul 05.00-11.00 WIB. Pasalnya, Car Free Day merupakan tempat di Jakarta untuk berolahraga dan berekreasi secara gratis.

"Pelaksanaan hari buruh berjalan, CFD tentu harus juga berjalan, karena itu hak orang lain. Dan diharapkan tidak mengganggu kepentingan umum serta berjalan aman, tertib," tuturnya kepada wartawan, Jumat (29/4/2016).

Nandang menerangkan, polisi telah melakukan koordinasi dengan para buruh dan Pemprov DKI terkait demo tersebut agar demo berjalan tertib. Adapun titik kumpul para buruh itu berada di Patung Kuda dan Istana Negara dan diakhiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Mereka berkumpul pukul 08.00 WIB. Kami kawal di kewilayahan sampai ke titik kumpul dan terakhir mereka menyampaikan aspirasinya, seperti di Bunderan HI, Patung Kuda, Istana Negara, dan Gedung DPR," jelasnya.

Nandang menambahkan, untuk unras di Istana Negara, polisi sudah meminta para buruh untuk memarkirkan kendaraannya di kawasan pintu IRTI Monas, Stasiun Gambir, dan Masjid Istiqlal. Polisi pun meminta pada masyarakat kota Jakarta untuk tak terlalu panik dengan aksi buruh tersebut.

Sebab, para buruh pun sudah berjanji tak melakukan aksi anarkis, tak akan mengganggu kepentingan publik kota Jakarta dan CFD di Sudirman-Thamrin. "Jika ada yang long march akan kami tutup unrasnya dan kami kawal terus nanti," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6689 seconds (0.1#10.140)