Tiket Kereta Api Lebaran H-10 & 9 Habis Terjual

Rabu, 30 Maret 2016 - 02:45 WIB
Tiket Kereta Api Lebaran H-10 & 9 Habis Terjual
Tiket Kereta Api Lebaran H-10 & 9 Habis Terjual
A A A
JAKARTA - Tiket perjalanan kereta api untuk mudik Lebaran ke sejumlah kota di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur mulai habis. Padahal, Hari Raya Idul Fitri masih empat bulan ke depan.

Pantauan Sindonews, sejak dibukanya tiket kereta Lebaran untuk perjalanan H-10, pada Senin 28 Maret 2016 lalu, sejumlah masyarakat mulai berdatangan di sejumlah loket-loket tiket kereta manual dan elektronik di Stasiun Pasar Senen, Gambir, maupun Tanah Abang.

Termasuk layanan pemesanan tiket melalui online, situs-situs penjualanan tiket terlihat sudah mulai menunjukkan kehabisan tiket di sejumlah perjalanan kereta. Perjalanan seperti ke Solo, Semarang, Yogyakarta, Malang hingga Surabaya sebagian sudah terlihat habis.

Seperti perjalanan ke Solo untuk kelas eksekutif dari Stasiun Gambir, di antaranya Argo Dwipangga, Bima, Gajayana, dan Argo Lawu, semuanya telah terpantau habis. Begitupun dengan perjalanan kelas ekonomi dari Pasar Senen, seperti Senja Utama Solo, Matarmaja, dan Brantas juga diserbu masyarakat.

Tercatat, hanya kereta Majapahit saja yang tersisa masih tersedia tiket perjalanan. Sementara untuk perjalanan ke kota Yogyakarta, Semarang, Malang dan Surabaya. Tiket kereta kelas eksekutif dan ekonomi seperti Bima, Argo Lawu, Taksaka Malam, Sembrani, Argo Anggrek Malam, Gumarang, Argo Muria, Argo Anggrek Pagi, Argo Sindoro, Bangungkarta, dan Gajayana terpantau telah habis di serbu masyarakat.

Senior Manager Coorporate Communication Daerah Operasional (Daop) 1 PT KAI, Bambang S Prayitno tak menampik beberapa tiket kereta api telah diserbu oleh sejumlah penumpang. Adanya pemesanan secara online dengan 90 hari sebelum pemberangkatan membuat masyarakat mulai menyerbu tiket.

"Pergerakan pembelian tiket cukup cepat, sejak di buka pukul 00.01 WIB semalam, tiket mulai di serbu calon penumpang," jelas Bambang ketika dikonfirmasi, Selasa, 29 Maret 2016.

Bambang menyarankan, kepada penumpang yang ingin menggunakan perjalanan kereta api saat Lebaran nanti, agar segera membeli tiket secara online melalui beberapa situs, yakni tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan berbagai channel eksternal lainnya. Selain itu pemesanan juga bisa dilakukan melalui layanan contact center 121/021-121.

Sesuai dengan pengalaman dari beberapa tahun sebelumnya, lanjut Bambang, tiket di H-1, H-2, dan H-3 menjelang lebaran akan menjadi favorit. Tiket-tiket kereta akan cepat diserbu oleh calon penumpang.

"Kalo sekarang masih wajar, tiket masih banyak yang ada. Tapi kalau di tiga hari itu, tiket bakal cepat habis," tuturnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6825 seconds (0.1#10.140)