Antisipasi Arus Balik, Polda Metro Koordinasi dengan Polda Jabar

Sabtu, 26 Desember 2015 - 14:11 WIB
Antisipasi Arus Balik, Polda Metro Koordinasi dengan Polda Jabar
Antisipasi Arus Balik, Polda Metro Koordinasi dengan Polda Jabar
A A A
JAKARTA - Mengantisipasi arus balik libur Natal, Polda Metro Jaya melakukan koordinasi dengan Polda Jabar. Tak hanya antar Polda, polisi juga akan menggelar rapat dengan pengelola jalan tol.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, kemacetan yang terjadi pada Kamis (24/12/2015) cukup luarbiasa meskipun sudah ada antisipasi.

"Mungkin waktu libur yang panjang membuat warga banyak yang bepergian, memang yang paling panjang macetnya ke arah Cikampek. Karena mereka menuju Jawa bukan ke Bandung," katanya kepada wartawan, Sabtu (26/12/2015).

Untuk itu, polisi mengantisipasi arus balik libur Natal ini melakukan dua tahap. Untuk yang liburnya pendek ke daerah Puncak atau Merak, Bandung kemungkinan mereka akan kembali pada hari Minggu.

"Karena Senin, sudah kerja. Namun yang cuti panjang mungkin rutenya juga jauh sehingga kemungkinan baru minggu depan kembalinya," tegasnya. (Baca: Ini Penyebab Kemacetan Parah di Tol Cikampek)

Jadi ada dua tahap, pekan ini tahun baru, kemungkinan Jumat depan sampai Minggu akan terjadi kemacetan serupa. Polda Metro akan melakukan mobilisasi jangan sampai kemacetan tdaik separah kemarin.

Untuk hari minggu akan kita lakukan rapat di Polda Metro Jaya dengan melibatkan seluruh jajaran Kapolda, Kapolres. "Kami akan mengundang juga dari Polda Jabar seperti Dirlantas, kapolres Karawang, kapolres Bogor atau perwakilan mereka," jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengundang Jasamarga dan pengelola rest area. Karena di rest area terdapat sedikit hambatan, pertama overload kendaraan yang masuk.

Kedua pelambatan pembayaran di pintu masuk tol. Ketiga istirahat di rest area atau di bahu jalan. Itu yang membuat kemacetan itu. Oleh sebab itu, kita akan kordinasikan dengan semua pihak.

"Kita akan gelar titik-titik rawan simpul macet kita gelar posko PAM. Itu untuk mengantisipasi hari minggu," pungkasnya.

PILIHAN:

Salon Plus-plus Digerebek, Polisi Tangkap Basah Pasangan Mesum
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5866 seconds (0.1#10.140)